HOME, Bugar

Wajib Tahu! 4 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Wajib Tahu! 4 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Munculnya aroma bau dan rasa gatal membuat banyak orang tidak nyaman dengan ketombe. Masalah rambut ini tidak cukup dihilangkan dengan sampo antiketombe saja.Namun, Anda perlu melakukan perawatan rambut lebih.

Ada beberapa bahan alami yang dipercaya mampu mengusir ketombe dari rambut, loh. Jika tertarik mencoba, berikut cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami dilansir dari laman sunsilk.co.id, yaitu: 

1. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe pertama adalah dengan minyak kelapa. Bahan alami ini berfungsi untuk menghidrasi kulit kepala yang kering sebagai salah satu penyebab munculnya ketombe.

Selain itu, minyak kelapa juga mengandung zat antimikroba yang mampu membantu melawan jamur dan bakteri penyebab ketombe. Mengolah minyak kelapa sebagai perawatan rambut ketombe tidak terlalu sulit, yaitu: 

  • Oleskan dua sendok makan minyak kelapa di kulit kepala hingga merata.
  • Berikan pijatan ringan menggunakan ujung jari, mulai dari tepi pinggir rambut, ke bagian tengah, dan bagian belakang rambut.
  • Diamkan selama satu jam, kemudian bersihkan rambut menggunakan sampo dan membilasnya menggunakan air bersih.
  • Pastikan kulit kepala sudah bersih dan tidak ada sisa minyak kelapa yang menempel di kulit kepala dan helaian rambut Anda. 

2. Tea Tree Oil

Selanjutnya, tea tree oil dipercaya sebagai bahan alami yang mampu menghilangkan ketombe. Tea tree oil mengandung antimikroba dan anti peradangan yang mampu melawan jamur penyebabb ketombe serta dermatitis seboroik dengan efektif.

Telah banyak produk perawatan rambut yang memanfaatkan bahan alami ini sebagai bahan utama produk sampo. Cara mengolah tea tree oil sebagai bahan alami menghilangkan ketombe, yaitu : 

  • Campurkan 2-3 tetes tea tree oil dengan 3 tetes minyak kelapa, kemudian tuangkan ke kapas bersih. 
  • Kemudian, oleskan pada kulit kepala secara merata. 
  • Lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati dalam menggunakan tea tree oil. Hal ini dikarenakan penggunaan tea tree oil mungkin saja menimbulkan iritasi pada kulit bagi beberapa orang. Sehingga, pahami dulu kondisi kulit Anda sebelum menggunakannya. 

Baca Juga: 4 Cara Tepat Menghilangkan Bruntusan dengan Bahan Alami, Harus Coba!

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami berikutnya adalah lidah buaya. Bahan alami ini memiliki segudang manfaat baik untuk kulit dan rambut. Lidah buaya ternyata memiliki kandungan antijamur dan bakteri di dalamnya.

Anda bisa memanfaatkan bagian gel yang terdapat dalam daging lidah buaya (bagian dalam yang transparan) secara langsung. Agar lebih praktis, Anda bisa langsung membeli lidah buaya kemasan yang dijual di pasaran. Cara memakai lidah buaya untuk perawatan rambut ketombe, yaitu: 

  • Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala secara merata, kemudian berikan pijatan ringan menggunakan ujung jari dengan tekanan yang lembut dan konsisten secara menyeluruh.
  • Setelah memijat kulit kepala secara menyeluruh, diamkan beberapa saat agar menyerap sempurna.
  • Bilas menggunakan air bersih, bila perlu ulangi hingga beberapa kali dan diamkan rambut selama satu jam.

Tidak perlu menggosok rambut menggunakan handuk dan biarkan rambut mengering dengan sendirinya saja. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

4. Jeruk Nipis

Terakhir, cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yaitu jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung sifat asam dan kandungan antioksidan yang dipercaya mampu menghambat perkembangan salah satu jenis jamur penyebab ketombe. Jika Anda memiliki jeruk nipis di rumah, berikut cara mengolahnya, yakni : 

  • Oleskan perasan jeruk nipis ke permukaan kulit kepala, kemudian diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipisnya meresap sempurna hingga ke dalam kulit kepala dan folikel rambut. 
  • Kemudian, bilas menggunakan air bersih dan dilanjutkan dengan keramas menggunakan sampo untuk atasi ketombe.
  • Lakukan cara ini secara rutin setidaknya hingga keluhan ketombe berkurang bahkan menghilang. 

Anda juga bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dengan cuka apel, minyak zaitun, atau garam. Lalu, aplikasikan pada kulit kepala secara merata sebelum membilasnya menggunakan air bersih dan dilanjutkan dengan melakukan keramas memakai sampo anti ketombe. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News