HOME, Bugar

4 Cara Tepat Menghilangkan Bruntusan dengan Bahan Alami, Harus Coba!

4 Cara Tepat Menghilangkan Bruntusan dengan Bahan Alami, Harus Coba!

MOMSMONEY.ID - Munculnya bruntusan di wajah dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Selain itu, bruntusan juga bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman akibat rasa gatal, kemerahan dan panas. Oleh karena itu, pentingnya untuk segera merawat kesehatan kulit.

Jika Anda memiliki masalah dengan bruntusan, lakukan cara tepat menghilangkan bruntusan dengan bahan alami. Melansir dari laman senka.id, simak penjelasannya di bawah ini, yaitu: 

1. Tomat

Pertama, tomat dipercaya mampu menghilangkan bruntusan. Selain itu, tomat juga dapat meredakan bruntusan di wajah. Hal ini dikarenakan tomat mengandung sifat anti-radang, seperti beta-karoten, likopen, lutein, vitamin C, dan vitamin E. Dengan memanfaatkan kandungan tersebut, tomat dapat membantu meredakan inflamasi dan iritasi kulit, seperti bruntusan.

Cara menghilangkan bruntusan pada wajah sangat mudah dilakukan di rumah, yaitu blender tomat hingga halus. Lalu, balurkan tomat yang sudah dihaluskan pada wajah secara merata. Diamkan beberapa menit hingga kering, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

2. Madu

Cara menghilangkan bruntusan selanjutnya adalah dengan madu. Madu telah lama digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Madu mengandung agen anti-bakteri yang ampuh mencegah bruntusan di wajah yang meradang dan dapat membantu meredakannya.

Selain itu, madu juga kaya akan antioksidan, sehingga menghalau radikal bebas yang dapat memicu munculnya bruntusan dan gatal pada kulit. Anda bisa mengolah madu sebagai perawatan harian di rumah. 

Caranya tidak sulit, yaitu dengan mengoleskan madu pada wajah sebagai masker, atau Anda bisa campurkan madu dengan bahan lain, seperti yoghurt dan lemon. Diamkan kira-kira 15-20 menit atau lebih, hingga madu terasa mengering.

Setelah itu, bilas wajahmu hingga bersih. Namun, Anda perlu pastikan juga untuk menggunakan madu asli, bukan yang mengandung perasa. 

Baca Juga: Pijat Payudara, Apa Manfaatnya? Simak Penjelasannya di Sini!

3. Cuka Apel

Berikutnya, cara menghilangkan bruntusan dengan memakai cuka apel. Hal ini dikarenakan cuka apel mengandung zat asetat yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Selain itu, cuka apel juga bisa dijadikan toner untuk wajah dan bisa membantu menyeimbangkan produksi melanin. 

Cara pengaplikasiannya, teteskan cuka apel pada kapas bersih. Lalu, usapkan kapas yang sudah diteteskan cuka apel pada area kulit yang bruntusan. Selanjutnya, diamkan beberapa menit sebelum kapas diangkat.

Disarankan untuk mengulangi perawatan ini dua sampai tiga kali sehari dan lakukan secara rutin hingga masalah bruntusan di wajah Anda benar-benar hilang. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa cuka apel memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Sehingga, pemakaiannya tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif.

4. Es Batu

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan bahan alami terakhir yaitu es batu. Saat ditempelkan ke wajah, es batu berfungsi untuk mengurangi rasa gatal yang muncul akibat bruntusan. Anda perlu siapkan handuk bersih, lalu masukkan es batu ke dalamnya, ikat ujung-ujung handuk agar es batu menyatu.

Setelah itu, Anda hanya perlu menempelkan es batu ke permukaan kulit yang terasa gatal, lalu diamkan selama 30detik hingga satu menit. Ulangi beberapa kali hingga gatal, bruntusan, dan kemerahan pada wajahmu mereda. Selain mengurangi rasa gatal, es batu juga mampu mengempiskan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News