Bugar

Wajib Dicoba! Inilah 5 Makanan yang Bisa Mencegah Penyakit Katarak

Wajib Dicoba! Inilah 5 Makanan yang Bisa Mencegah Penyakit Katarak

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan yang bisa mencegah penyakit katarak dan bisa Anda konsumsi secara rutin.

Katarak adalah penyebab utama kebutaan pada kebanyakan orang. Seringkali, katarak tidak mengganggu penglihatan sejak dini karena perkembangannya yang lambat. 

Katarak terjadi ketika lensa mata menjadi kabur. Menurut penelitian, katarak disebabkan oleh oksidasi radikal bebas yang merusak protein dan enzim di lensa mata. 

Hasil penelitian yang dilakukan pada 2008 menunjukkan, konsumsi makanan kaya antioksidan dapat mengurangi peluang terkena katarak sebesar 18%. 

Dilansir dari Healthline dan Web MD, berikut adalah beberapa makanan yang bisa mencegah penyakit katarak dan bisa Anda konsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes

1. Teh Hijau

Makanan yang bisa mencegah penyakit katarak pertama adalah teh hijau dan bisa Anda konsumsi secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Mengonsumsi teh hijau 3-4 kali sehari dapat memberikan tubuh antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan mata secara umum dan menurunkan risiko masalah terkait penglihatan. 

2. Wortel dan buah-buahan

Makanan yang bisa mencegah penyakit katarak kedua adalah wortel dan bisa Anda konsumsi secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Wortel dan buah-buahan serta sayuran berwarna oranye lainnya mengandung beta-karoten yang membantu retina dan bagian mata lainnya berfungsi dengan baik. 

3. Alpukat

Makanan yang bisa mencegah penyakit katarak ketiga adalah alpukat dan bisa Anda konsumsi secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Alpukat sarat dengan karoten dan nutrisi yang bermanfaat bagi mata seperti beta-karoten dan vitamin B6, C, dan E. 

Baca Juga: Cari Tahu Yuk, Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Tubuh

4. Sayuran hijau

Makanan yang bisa mencegah penyakit katarak selanjutnya adalah sayuran hijau dan bisa Anda konsumsi secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Sayuran hijau seperti kangkung, lobak, bayam kaya akan karotenoid lutein. Paprika merah juga memberi mata vitamin C yang dibutuhkannya yang mengurangi risiko kondisi katarak. 

5. Jus gandum

Makanan yang bisa mencegah penyakit katarak terakhir adalah jus gandum. Jus gandum dapat membantu menghilangkan kabut dari mata dan meningkatkan penglihatan. 

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Namun, jika Anda sudah merasakan hal yang tidak biasa pada mata, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Itulah beberapa makanan yang bisa mencegah penyakit katarak dan bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News