CLOSE [X]
ads

Wadah dan Pemasaran, Penting Bagi Usaha Sambal Kemasan

Reporter: Fransiska Firlana
Minggu, 27 Maret 2022 | 15:05 WIB
Wadah dan Pemasaran, Penting Bagi Usaha Sambal Kemasan


MOMSMONEY.ID - Setelah yakin dengan jenis sambal dan citarasa yang dirasa layak jual, Anda juga harus menentukan merek, kemasan, dan cara memasarkannya. Marlangen Perwitasari menggunakan merek Hellyeah untuk produk sambalnya.

"Awal saya usaha, kebanyakan kompetitor pakai nama ibu ini, ibu itu. Saya pilih nama yang beda yang sesuai target market saya," ujar Wita, sapaan akrab Marlangen Perwitasari.

Sejak awal, Wita mengincar anak muda sebagai target market. Dia memproduksi sambal yang benar-benar pedas yang disukai kebanyakan anak muda. Lantas dia pun memereki sambalnya dengan istilah yang anak muda banget. Selain dari merek, Wita juga membuat kemasan yang lebih menarik anak muda. Bukan berbentuk botol, Wita mengemas sambalnya dengan standing pouch.

Baca Juga: Tips Memilih KPR di Bank Konvensional dan Bank Syariah

Merlin Soeyanto, produsen sambal Bu Djui juga mengemas sambalnya dengan menarik. Selain menggunakan kemasan botol, dia juga mengemasnya dalam standing pouch dengan warna pastel, hingga tampak elegan. Dia juga membuat paket kemasan hantaran yang unik dan berkelas.

Produk yang baik tentu harus diikuti dengan strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan pasar.

Produsen sambal andaliman Garcia, Richard Garcia bilang, untuk pemasaran tak cukup hanya memajang produk di media sosial atau marketplace. Menurutnya harus dibarengi dengan strategi SEO, supaya produk lebih mudah ditemukan pembeli.

"Sejak tahun 2018 saya konsern untuk pemasaran digital ini. Memang harus ada anggaran-anggaran untuk pengembangan marketing selain beriklan," jelasnya.

Hal lain yang harus diperhatikan pengusaha sambal adalah inovasi produk. Seiring makin banyaknya pemain, inovasi produk sangat penting. Baik Richard, Wita, maupun Merlin belum lama ini juga merilis jenis sambal yang baru untuk memikat pembeli. Richard mengusung sambal teri medan, Wita memperkenalkan sambal andaliman, dan Merlin mengibarkan sambal cumi bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendrika

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER