HOME, Santai

Tips Memilih KPR di Bank Konvensional dan Bank Syariah

Tips Memilih KPR di Bank Konvensional dan Bank Syariah

MOMSMONEY.ID - Ketika ingin mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) tentu Anda punya dua pertimbangan, yakni pilih bank konvensional atau bank syariah? Dalam menentukan jenis KPR yang akan dipilih sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum ajukan KPR.

Bank OCBC NISP menjelaskan ada empat poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih bank, karena setiap bank memiliki kelebihan masing-masing. Seperti apa sih kelebihan KPR dari bank konvensional dan bank syariah?

Pertama, jangka waktu, misalnya apabila Anda dapat melunasi cicilan dari KPR dengan jangka waktu yang pendek sekitar 1 tahun hingga 15 tahun maka KPR Syariah merupakan pilihan terbaik.

Baca Juga: 5 Tips Keuangan Usaha Tetap Sehat

Tetapi jika kemampuan Anda dalam mencicil tiap bulan tidak terlalu besar maka disarankan memiliki KPR konvensional, sebab jangka waktu yang ditawarkan KPR dari bank konvensional cukup lama, sehingga berpengaruh pada jumlah cicilan tiap bulan yang tidak terlalu besar.

Kedua, besaran cicilan. KPR di bank konvensional memiliki besaran suku bunga yang berubah-ubah, sehingga nasabah harus siap apabila suku bunga meningkat suatu saat nanti. Sebaliknya, apabila Anda ingin mencari kondisi yag aman dan stabil maka KPR syariah menjadi pilihan yang baik karena besar angsuran tetap setiap bulan.

Ketiga, kebebasan memilih rumah. KPR di bank syariah menawarkan kebebasan kepada nasabah untuk melakukan negosiasi pilihan rumah. Bahkan beberapa KPR syariah mengizinkan nasabah untuk tidak meneruskan kredit yang pertama dan mengganti rumah yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Dukung SDGs, BCA Beri Perhatian ke UMKM

Sedikit berbeda dengan KPR di bank konvensional yang tidak menyediakan fasilitas tersebut. Apabila suatu saat Anda ingin mengganti rumah yang lebih besar karena jumlah anak bertambah maka KPR syariah bisa menjadi alternatif.

Dan keempat, sesuai kebutuhan. Sebenarnya, tidak ada salahnya membeli rumah dengan skema KPR papaun, asalkan harga rumah dan jumlah angsuran dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.

Jadi pilih kredit rumah di bank konvensional atau bank syariah moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News