HOME, Keluarga

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tembus 200 Juta Dosis

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tembus 200 Juta Dosis

MOMSMONEY.ID - Vaksinasi Covid-19 terus berlangsung. Hingga Kamis (4/11), vaksinasi Covid-19 di Indonesia pun sudah menembus 200 juta suntikan.

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, Jumlah tersebut terdiri dari vaksinasi dosis pertama sebesar 123,4 juta suntikan, vaksinasi dosis kedua sebesar 77,1 juta suntikan, dan dosis ketiga sebesar 1.1 juta suntikan. Bila ditotal, jumlah suntikan vaksinasi telah mencapai 201,6 juta dosis.

Adapun, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati mengatakan pihaknya terus mengupayakan ketersediaan vaksin lewat skema multilateral dan bilateral untuk memenuhi stok dan menjaga laju vaksinasi. 

Baca Juga: Biasakan Cuci Tangan Agar Terhindar dari 5 Penyakit Ini

Dia mengatakan, cakupan vaksinasi yang telah tercapai dikarenakan upaya optimal dan seluruh pihak mulai dari TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN hingga pihak swasta.

Tak hanya menyediakan vaksin, Widyawati juga mengatakan pemerintah terus melakukan upaya mempercepat program vaksinasi.

"Pemerintah terus mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi," kata Widyawati.

Sebagai upaya meningkatkan percepatan vaksinasi tersebut, Kemenkes membuka vaksinasi massal atau sentra vaksinasi di banyak tempat. Hal tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat.

Kemenkes juga telah mengeluarkan Surat Edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

Widyawati mengingatkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan tetap  melaksanakan protokol kesehatan supaya terlindungi dari Covid-19.

Selanjutnya: BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Sinovac Untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News