HOME, InvesYuk

Untung Mana Jual atau Beli NFT? Ini Jawabannya

Untung Mana Jual atau Beli NFT? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Fenomena Gozali Everyday membuat orang menjadi latah untuk jualan produk-produk non fungible token (NFT) .

Yang menjadi pertanyaan, sebenarnya, lebih untung mana: menjual NFT atau justru membeli produk NFT?

Lusiana Darmawa, perencana keuangan OneShildt, mengatakan, sulit mengatakan mana yang lebih menguntungkan dari kedua pilihan tersebut. 

Tapi, menurutnya, akan menguntungkan jika Anda seorang kreator NFT dan berhasil menjual karya Anda. Ketika permintaan tinggi, maka Anda berpotensi menerima royalti jika karya tersebut kemudian laku diperjualbelikan kembali. 

Baca Juga: Ini Dia Deretan Selebriti yang Merambah Dunia NFT, Ada Justin Bieber!

"Sementara, potensi kerugian sebagai kreator pada biaya yang sudah dikeluarkan saat membuat dan menjual karya Anda lewat suatu platform," ungkap Lusi. 

Sedangkan sebagai pembeli, jika menganggap membeli NFT sebagai investasi, tentu Anda berspekulasi bisa dijual kembali dengan harga lebih tinggi.

Akan tetapi, bisa saja ketika perkembangan harga tidak sesuai ekspektasi, maka Anda akan mengalami kerugian.

Jadi, baik menjual dan membeli sama-sama punya risiko yang harus diantisipasi. 

Belum lagi, ada wacana akan ada pajak ketika Anda bertransaksi dengan NFT dan Anda mendapatkan keuntungan.

Menurut Eko Endarto, Perencana Keuangan dari Finansia Consulting, wajar-wajar saja jika keuntungan dari NFT dikenai pajak. 

Apalagi sekarang ini sedang ramai dan banyak orang yang mencobanya. Jadi, boleh pemerintah dimanfaatkan untuk menambah pendapatan negara. Walaupun, besaran tarifnya masih belum pasti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News