Keluarga

Tips Mudik Aman Membawa Hewan Peliharaan Menggunakan Motor

Tips Mudik Aman Membawa Hewan Peliharaan Menggunakan Motor

MOMSMONEY.ID - Momen mudik dimanfaatkan masyarakat Indonesia yang merantau untuk pulang ke kampung halaman. Jika Anda ingin mudik menggunakan motor dan membawa hewan peliharaan, simak tips mudik aman membawa hewan peliharaan menggunakan motor. 

Mudik naik motor membawa hewan peliharaan bukan hal yang mudah. Pastikan Anda menyiapkan beberapa hal sebelum mudik. 

Ada beberapa kebutuhan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, yang perlu dibawa saat mudik. Mengutip Buildogology, berikut kebutuhan yang perlu disiapkan saat mudik naik motor bawa hewan peliharaan. 

1. Selimut 

Selimut sangat penting untuk mengendarai sepeda motor dengan anjing.

Selimut sangat berguna jika hewan peliharaan Anda menjadi gugup atau mulai panik karena kecepatan dan getaran sepeda. 

Tali selimut juga berguna jika Anda ingin anjing Anda tidak berlari ke jalan saat berhenti tiba-tiba atau jika hewan peliharaan Anda mencoba melompat dari sepeda saat Anda berkendara dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: 6 Hal Penting Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik

2. Makanan dan air 

Makanan Anjing

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan anjing Anda memiliki cukup makanan dan air, agar tetap sehat dan terhidrasi. Anda membutuhkan makanan perjalanan dan mangkuk air yang baik untuk dibawa saat mengendarai sepeda motor.

Jangan lupa membawa makanan dan mangkuk airnya saat bepergian jauh. Pertama-tama, tidak aman membiarkan anjing makan dari mangkuk umum di area di mana terdapat banyak anjing lain. Itu juga tidak higienis.

Tidak harus membawa beban mangkuk sendiri. Anda bisa fokus membawa barang-barang yang membuat nyaman atau kenyamanan anjing Anda.

3. Tali 

Tali kekang adalah salah satu barang terpenting yang harus Anda bawa saat bepergian dengan hewan peliharaan. Saat mengendarai sepeda motor, penting untuk mengetahui keadaan hewan peliharaan kesayangan Anda setiap saat. 

Seringkali, anjing akan berlarian dan mungkin berlarian di depan kemudi sepeda motor. Memiliki tali kekang anjing akan mencegah kecelakaan dan akan membantu anjing menghindari jalan raya. 

Baca Juga: Syarat Bawa Kucing Naik Pesawat Beserta Biayanya, Hewan Peliharaan Bisa Ikut Mudik

Selain itu, ini membantu memastikan bahwa sahabat berbulu Anda aman dan dapat menangkapnya saat dia berlari atau jika dia mengejar hewan lain.

4. Makanan dan mainan

Tidak hanya suguhan anjing sebagai hadiah yang bagus, tetapi juga dapat membuat perjalanan lebih aman.

Camilan anjing membantu menjaga anjing tetap tenang dan fokus pada Anda, daripada gangguan acak di sepanjang jalan. 

Camilan dan mainan adalah tambahan yang menyenangkan dan aman untuk setiap perjalanan sepeda motor.

Selalu bawa sekantong camilan favorit anjing Anda, untuk berjaga-jaga. Sebaiknya bawa juga mainan favorit anjing Anda jika ia perlu membakar energi. 

Dan jika bepergian jauh, pastikan untuk memiliki sekantong biskuit favoritnya untuk berjaga-jaga jika dia lapar.

5. Kit pertolongan pertama hewan peliharaan 

Saat Anda mengendarai sepeda motor dengan anjing, Anda tidak boleh lupa untuk membawa kotak P3K hewan peliharaan.

Kit pertolongan pertama hewan peliharaan harus dibeli oleh pemilik anjing dengan hewan peliharaan mereka yang bepergian untuk perjalanan. 

Kit ini berisi barang-barang untuk membantu cedera di jalan seperti gendongan, perban, antiseptik, dan perlengkapan lain untuk menangani keadaan darurat. Ini termasuk klip karabiner untuk dipasang ke kerah anjing.

Baca Juga: Tips Pilih Tempat Penitipan Hewan Peliharaan Selama Mudik Lebaran
 
Saat bepergian, pastikan untuk memantau anjing dengan cermat. Jika Anda melihat anjing tidak berdiri dengan baik, berhentilah menunggang kuda dan cobalah menilai situasinya. Beristirahatlah dan biarkan anjing berjalan -jalan, minum air, dan hirup udara segar. 

6. Kantong sampah sekali pakai

Anjing cenderung menghasilkan lebih banyak kotoran daripada manusia dan mereka tidak dapat menampung semua kotoran itu. 

Oleh karena itu, pemilik harus mengurus kotoran anjing dengan cara apa pun yang memungkinkan. Bisa dalam bentuk kantong plastik, tas hewan peliharaan, tas di ikat pinggang, atau cara lain yang sesuai.

7. Jok atau tempat duduk 

Anda dapat memberi mereka tempat duduk  seperti di toko hewan peliharaan, dan mereka dapat duduk bersama Anda. 

Jika berkendara jauh, pembawa ransel anjing mungkin merupakan pilihan bagus lainnya. Dengan ransel, Anda dapat memasukkan anjing ke dalam kompartemen kecil dan masih memiliki banyak ruang untuk barang-barang. 

Jika anjing Anda kecil tetapi suka meringkuk, sabuk pengaman untuk anjing bisa menjadi pilihan yang bagus. Anda dapat mengencangkannya seperti manusia dan menjaganya agar tidak berdesak-desakan atau terjatuh.

Jadi, jika berencana membawa anjing dalam perjalanan sepeda motor, Anda harus melakukan riset agar dapat membeli perlengkapan yang tepat untuk mereka. 

Itulah beberapa tips mudik naik motor bawa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Perjalanan akan semakin menyenangkan sekaligus repot. Namun, pastikan untuk mengutamakan keselamatan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News