HOME, Keluarga

Tips Mudah untuk Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan, Coba Yuk!

Tips Mudah untuk Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan, Coba Yuk!

MOMSMONEY.ID - Bulu-bulu hewan yang rontok dan mengotori rumah merupakan masalah yang kerap dihadapi pemilik hewan peliharaan berbulu lebat, misalnya kucing dan anjing.

Perkara bulu hewan peliharaan ini seakan tidak ada habisnya karena dapat menempel di mana saja dan sulit dibersihkan, bahkan dengan sikat sekalipun. Akibatnya, penampilan rumah Anda jadi terlihat kotor karena bulu hewan.

Namun, jangan khawatir. Dirangkum dari Mollymaid dan Real Homes, ada cara-cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi dan membersihkan bulu hewan peliharaan di rumah. Bulu hewan hilang, rumah Anda pun akan lebih bersih!

Baca Juga: Ini Angka Harapan Hidup Hewan Anjing di Dunia

Sarung tangan karet

Walaupun kelihatannya biasa saja, sarung tangan karet dapat membantu mengangkat bulu-bulu hewan yang menempel di permukaan seperti kasur, sofa, hingga karpet.

Caranya pun cukup mudah. Tinggal gunakan sarung tangan karet seperti biasa, lalu usapkan tangan Anda pada permukaan yang akan dibersihkan. Bulu-bulu hewan pun akan menggumpal dan menempel di sarung tangan.

Lint roller

Lint roller adalah alat yang mirip dengan rol untuk mengecat, namun memiliki kepala dengan semacam perekat sehingga dapat mengangkat bulu-bulu hewan.

Sama seperti sarung tangan karet, tinggal gunakan alat ini di permukaan yang ingin Anda bersihkan. Bulu-bulu hewan akan menempel dengan mudah di lint roller. Ulangi beberapa kali hingga bulu hewan terangkat dengan sempurna, dan ganti kepala lint roller jika perekatnya sudah penuh dengan bulu hewan.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Kenapa Kucing Selalu Menatap Anda dalam Diamnya

Lakban bening

Jika Anda tidak memiliki sarung tangan karet atau lint roller, Anda dapat menggunakan lakban bening untuk membantu membersihkan bulu hewan. Prinsipnya pun sama dengan lint roller, yaitu menggunakan perekat pada lakban untuk mengangkat bulu hewan.

Caranya, bentangkan lakban bening sepanjang permukaan yang akan dibersihkan. Kemudian, tempelkan pada permukaan tersebut dan lepaskan sehingga bulu hewan akan menempel. Ulangi beberapa kali, lalu ganti dengan lakban yang baru jika sudah penuh dan kotor dengan bulu hewan.

Vacuum cleaner

Jika Anda berencana untuk membeli vacuum cleaner, pilih model yang memiliki daya hisap kuat sehingga dapat membantu mengangkat bulu-bulu yang bandel pada permukaan rumah.

Cukup gunakan vacuum cleaner seperti biasa pada permukaan yang ingin dibersihkan. Namun, pastikan Anda menggunakan corong yang tepat sehingga tidak merusak permukaan. Pastikan juga Anda mengosongkan tangki debunya secara rutin sehingga tidak mennyumbat vacuum cleaner.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk membersihkan bulu hewan peliharaan di rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News