HOME, Santai

Tips Mudah Menghilangkan Kram Menstruasi, Nomor 4 Paling Gampang Dilakukan!

Tips Mudah Menghilangkan Kram Menstruasi, Nomor 4 Paling Gampang Dilakukan!

MOMSMONEY.ID - Sebagai perempuan tentunya sudah tidak asing lagi dengan kram yang dirasakan saat sedang dalam masa menstruasi.

Kram saat menstruasi ternyata bisa diubah dan dihilangkan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat untuk mengurangi rasa sakit dari kram.

Seperti beberapa gaya hidup berikut ini yang sebaiknya mulai diterapkan agar terhindar dari kram menstruasi.

Baca Juga: Jalani Pola Hidup Sehat? Simak Ide Resep Diet Sehat dengan Aneka Buah-Buahan Lezat

Konsumsi makanan berserat

Melansir dari laman Flo, mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan lemak baik bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan saat kram menstruasi.

Seperti mengkonsumsi brokoli, susu kedelai, salmon, dan alpukat yang baik dalam membantu mengurangi kram saat menstruasi. Hal tersebut dikarenakan makanan tersebut mengandung banyak vitamin, mineral, kalsium, dan fatty acid yang baik sebagai anti-inflammatory dan anti-oxidant.

Olahraga

Olahraga dapat membantu tubuh untuk terhindar dari sakit kram saat menstruasi. Saat melakukan olahraga, tubuh akan melepaskan hormone endorphin yang membantu memberikan efek menghilangkan rasa sakit dan stress.

Lakukan olahrga ringan seperti lari, yoga, jogging, berenang, atau berjalan santai untuk membuat tubuh tetap aktif. Melakukan olahraga secara rutin sebelum memasuki masa PMS atau menstruasi juga bisa menghindarkan tubuh dari kram yang dirasakan saat menstruasi.

Baca Juga: Deretan Serial Terbaru Netflix yang Tayang Minggu Ini. Catat Tanggalnya!

Menggunakan heat patch

Heat patch merupakan alat serbaguna yang bisa digunakan saat mengalami kram menstruasi. Alat ini dapat ditemukan dimana-mana dengan mudah. Sehingga jika rasa sakit karena kram menstruasi terjadi, Anda bisa menggunakan alat ini untuk meredakannya.

Melansir dari laman Health Line, heat patch mampu mengurangi rasa sakit kram menstruasi karena cara kerjanya mampu membantu otot perut yang tegang menjadi rileks. Heat patch juga membantu untuk membantu mempercepat sirkulasi di area perut sehingga mampu meredakan rasa sakitnya.

Minum air putih

Saat menstruasi tentunya tubuh tetap perlu untuk mendapatkan hidrasi yang cukup. Sehingga mengkonsumsi air putih yang cukup bisa membantu tubuh untuk terhindar dari sakit kram menstruasi.

Minumlah setidaknya 8 gelas air sehari secara cukup agar tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari kram menstruasi. Jika perlu konsumsilah air hangat untuk meredakan otot perut yang tegang yang menjadi penyebab munculnya kram menstruasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News