Keluarga

Tips Merawat Ubin Batu Alam, Dijamin Awet dan Tahan Lama!

Tips Merawat Ubin Batu Alam, Dijamin Awet dan Tahan Lama!

MOMSMONEY.ID - Batu alam adalah salah satu material bangunan yang biasa digunakan untuk menghadirkan kesan natural di dalam rumah.

Batu alam bisa dihadirkan lewat berbagai hal, misalnya melalui ubin yang dipasang pada lantai atau dinding rumah.

Karena berasal dari alam, ubin batu alam tidak boleh diperlakukan sembarangan dan perlu perawatan yang teliti. Namun jangan khawatir, perawatannya cukup mudah, kok.

Jadi, bagaimana caranya merawat ubin batu alam? Dirangkum dari Daltile, Country Floors, dan Real Homes, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 6 Tips Mengurangi Sampah Plastik di Rumah, Mudah Dilakukan!

Sapu seperti biasa

Untuk membersihkan lantai dan dinding yang dipasangi ubin batu alam, Anda cukup menyapunya dengan sapu seperti biasa. Jika area yang dipasangi batu alam sering dilewati, sapulah setiap hari.

Menyapu ubin batu alam secara rutin bisa membantu menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Debu dan kotoran yang menumpuk terlalu banyak bisa merusak tampilan dan tekstur asli batu alam.

Hindari menggunakan terlalu banyak air

Selanjutnya, Anda bisa membersihkan batu alam dengan mengepelnya seperti biasa. Namun, Anda perlu berhati-hati supaya tidak menggunakan terlalu banyak air.

Sebab, beberapa jenis batu alam bisa menyerap air yang berlebih di atas permukaannya, sehingga batu tersebut akan lembap dan lebih mudah rusak.

Sesuaikan sikat dan sapu dengan tekstur batu

Ketika menyapu atau menyikat permukaan batu alam untuk membersihkan noda yang menempel, Anda bisa menyesuaikan tekstur sikat dan sapu dengan tekstur batu tersebut.

Misalnya, batu yang memiliki permukaan kasar bisa dibersihkan dengan sikat atau sapu dengan bulu yang kaku dan kasar. Jika Anda membersihkan batu dengan permukaan yang halus, gunakan sikat atau sapu dengan bulu yang halus pula.

Baca Juga: Promo Dekoruma Payday Deals, Dapatkan Diskon 80% Plus Voucher Rp 1 Juta!

Hindari pembersih berbahan asam dan pemutih

Saat membersihkan batu alam, hindari menggunakan produk pembersih yang mengandung asam (atau cuka), pemutih pakaian (bleach), atau amonia.

Sebab, bahan-bahan tersebut memiliki kandungan kimia keras yang bisa meninggalkan noda yang sulit hilang pada permukaan batu alam. Sebaiknya, gunakan produk pembersih dengan pH atau tingkat keasaman yang netral, atau gunakan produk pembersih khusus batu alam.

Beri pelapis secara rutin

Supaya tampilan batu alam tetap awet dan tahan lama, Anda bisa memberikan pelapis khusus pada permukaan batu alam. Pelapis ini bisa membantu melindungi batu alam dari paparan air, suhu, hingga cuaca.

Karena ada beragam jenis batu alam, Anda perlu memilih jenis pelapis yang sesuai dengan batu alam di rumah. Jangan lupa, beri pelapis pada batu alam secara rutin, minimal 6 bulan atau setahun sekali.

Itulah beberapa tips untuk merawat ubin batu alam di rumah. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News