HOME, Bugar

Tips Merawat Keluarga yang Isoman karena Covid-19

Tips Merawat Keluarga yang Isoman karena Covid-19

MOMSMONEY.ID - Merawat keluarga yang terkena Covid-19 di rumah, saat ini memang harus dilakukan. Pasalnya, banyak sekali rumah sakit yang terlampau penuh dan tempat-tempat karantina yang juga sesak dengan pasien Covid-19. 

Pasien yang terkonfirmasi Covid-19 yang tidak bergejala maupun memiliki gejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Kerabat atau keluarga terdekat bisa merawat pasien Covid-19 di rumah saja untuk menghindari kondisi yang saat ini.

Saat isoman, pastikan lapor ke Puskesmas, RT/RW setempat maupun tetangga atau orang terdekat, sehingga bisa membantu memantau perkembangan kesehatanmu.

Waspada dan tetap jaga diri untuk Anda yang merawat keluarga yang isoman karena Covid-19. Jangan sampai Anda juga tertular dan akhirnya drop bersamaan. 

Supaya tetap aman, berikut yang harus dilakukan saat merawat keluarga yang isoman karena Covid-19.

1. Ikuti instruksi tenaga kesehatan

Terkait obat-obatan harus mengikuti instruksi tenaga medis dengan ketat selama mengalami Covid-19.

2. Waspada saat gelaja mulai muncul

Jika mengalami demam, nyeri otot, atau sakit kepala segera minum paracetamol. Minta petunjuk tenaga kesehatan terkait dosisnya. Dosis orang dewasa biasanya 1-2 tablet 500 mg atau 1 tablet 650 mg.

Minum paracetamol setiap 4 jam sekali dalam waktu 24 jam. Jika demam tetap berlanjut, tempelkan kain basah dingin pada dahi. 

3. Pantau saturasi oksigen

Selalu siapkan oxymeter di rumah. Jika kadar oksigen 90 persen tetapi di bawah 94 persen, hubungi tenaga kesehatan atau minta perawatan di rumah sakit. Tenaga kesehatan mungkin akan memberikan resep steroid.

Jika demikian ikuti instruksinya dengan disiplin, jangan melakukan pengobatan sendiri. Jika kadar oksigen di bawah 90%, Anda sudah mengalami Covid-19 berat.

Hubungi penyedia layanan kesehatan atau minta segera dirawat di rumah sakit. Gunakan oksigen dan minum steroid sesui anjuran tenaga kesehatan jika tidak bisa segera dirawat di rumah sakit. 

 Baca Juga: Actemra, Salah Satu Obat untuk Covid 19 yang Mulai Diimpor Pemerintah

Selalu konsultasikan kondisimu atau kondisi keluarga termasuk obat yang kamu konsumsi kepada petugas tenaga kesehatan. Sekali lagi jangan lakukan pengobatan sendiri tanpa anjuran tenaga kesehatan dan pastikan obat yang dikonsumsi berdasarkan resep dokter. 

Terkadang Covid-19 berat dapat menyebaban infeksi bakteri sekunder dan infeksi jamur. Jika demikian tenaga kesehatan dapat menyarankan antibiotik atau antijamur. Ikuti instruksi tersebut dengan ketat dan jangan melakukan pengobatan sendiri.

Berikut tips merawat keluarga yang isoman karena Covid-19 yang harus anda perhatikan juga. 

  • Jangan melakukan pengobatan sendiri dengan antibiotic. Covid-19 disebabkan oleh virus, antibiotic tidak berdampak pada virus. 
  • Jangan melakukan pengobatan sendiri dengan steroid. Penggunaan steroid berlebih bisa berdampak serius dan mengancam nyawa, termasuk infeksi mukormikosis (jamur hitam)
  • Jangan melakukan pengobatan sendiri dengan obat lain tanpa anjuran dari tenaga kesehatan. 
  • WHO ridak merekomendasikan penggunaan hidroksiklorokuin, lopinavir/ritonavir.

Baca Juga: Obat yang Perlu Diminum dan Dihindari saat Isoman COVID-19  

Yang tak kalah penting, saat isoman tingkatkan imun tubuh dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak minum air putih minimal 2 liter sehari, rutin aktivitas fisik, konsumsi vitamin, istirahat cukup dan jaga sirkulasi udara dalam ruanga. Dan yang paling penting Kelola stress agar tubuh tidak semakin drop.  

Selanjutnya: 7 Tips Sebelum Vaksin Covid-19 untuk Ibu Menyusui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News