HOME, Bugar

Obat yang Perlu Diminum dan Dihindari saat Isoman COVID-19

Obat yang Perlu Diminum dan Dihindari saat Isoman COVID-19

MOMSMONEY.ID - Selama isolasi mandiri (isoman) Covid-19 banyak sekali orang terdekat yang merekomendasikan obat tertentu untuk meredakan sakit akibat Covid-19. Namun perlu Anda ketahui terkait berbagai macam obat yang beredar di pasaran.

Tidak semua obat yang direkomendasikan teman terdekat atau saudara bisa kita amini. Pasalnya, World Health Organization (WHO) sudah memberikan peringatan terkait beberapa obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi para penderita Covid-19.

Jangan membiasakan membeli obat tanpa konsultasi dengan dokter. Karena membeli obat secara mandiri tanpa resep akan mempengaruhi berbagai hal dalam tubuh. 

Jika Anda mengalami demam, nyeri otot, atau sakit kepala segera minum paracetamol. Dosis orang dewasa 1 atau 2 tablet 500 mg, maksimal 4 kali dalam 24 jam (jarak antar minum minimal 4 jam). Jika demam tetap berlanjut, tempelkan kain basah dingin di dahi. Jika tetap berlanjut segera hubungi dokter.

Berikut adalah obat-obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama isoman Covid-19. 

Baca Juga: Awas, Ini 4 Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Obat

ANTIBIOTIK

WHO sudah merilis panduan untuk para penderita Covid-19 tanpa gejala atau merasakan gejala ringan, tidak perlu minum antibiotik. 

STEROID

Penggunaan steroid berlebihan dapat berdampak serius dan mengancam nyawa. Steroid biasa dipakai pada kondisi berat dan kritis dengan pantauan dokter. 

HIDROKSIKLOROKUIN, LOPINAVIR/RITONAVIR

WHO sangat tidak merekomendasikan lagi penggunaan obat tersebut untuk penderita Covid-19.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diterapkan dalam Setiap Tahapan Vaksinasi Covid-19

REMDESIVIR

WHO saat ini belum merekomendasikan penggunaan obat tersebut untuk penderita Covid-19 yang di rawat di rumah sakit. 

IVERMECTIN

Ivermectin merupakan obat yang juga belum direkomendasikan oleh WHO. Obat ini hanya digunakan sebatas pengobatan Covid-19 yang sedang dalam uji klinis (penelitian).

Jadi lebih bijak untuk menerima rekomendasi obat dari sumber yng belum terpercaya. Semua obat memiliki manfaatnya dan efek samping masing-masing. Kenali obat yang perlu diminum dan dihindari saat isoman Covid-19

Selanjutnya: Menu Sarapan Praktis dan Enak untuk Moms yang Super Sibuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News