HOME, Keluarga

Tips Mengepel Lantai yang Efektif, Bikin Kinclong dan Kesat!

Tips Mengepel Lantai yang Efektif, Bikin Kinclong dan Kesat!

MOMSMONEY.ID - Mengepel lantai merupakan salah satu tahap membersihkan rumah yang kerap dilakukan supaya lantai rumah terasa bersih, kinclong, dan kesat. Sekilas, mengepel lantai memang terlihat seperti pekerjaan yang mudah. Cukup campurkan air dan cairan pel, lalu pel lantai dan biarkan kering.

Padahal, jika dilakukan sembarangan, lantai tidak bisa bersih dengan sempurna, sehingga dapat terasa kurang nyaman saat diinjak penghuni rumah.

Untuk mendapatkan lantai yang bersih, kegiatan mengepel lantai tentunya harus dilakukan seefektif mungkin. Bagaimana caranya? Berikut tips-tipsnya.

Bersihkan area yang akan dipel

Sebelum mengepel lantai, pastikan area yang akan dipel benar-benar bersih dan terbebas dari benda-benda yang berceceran. Anda akan bisa mengepel lantai dengan lebih lancar dan cepat.

Selain menyingkirkan benda-benda yang berceceran, jangan lupa untuk menyapu atau menyedot debu di lantai dengan vacuum cleaner. Dikutip dari Out of Sight Cleaning, membersihkan debu di lantai akan membuat lantai terasa lebih bersih setelah dipel, serta menghindari lantai dari goresan akibat debu dan kotoran.

Baca Juga: Kurangi Sampah, Ini 5 Ide Memanfaatkan Kembali Botol Semprot Bekas

Pel lantai secara bertahap

Mungkin Anda pernah tergoda untuk langsung mengepel seluruh permukaan lantai di suatu ruangan. Namun, cara ini dianggap kurang efektif karena tidak akan membuat lantai bersih dengan sempurna.

Melansir Bobvila, solusinya adalah dengan mengepel lantai secara bertahap. Mulailah dari area kecil di pojok ruangan, lalu pel lantai pelan-pelan dengan gerakan mundur supaya Anda tak perlu menginjak kembali lantai yang sudah dipel.

Peras kain pel

Ketika mengepel lantai, beberapa orang kerap mencelupkan kain pel ke ember dan langsung mengepel lantai tanpa memeras kainnya terlebih dahulu. Padahal, cara ini dapat membuat lantai basah kuyup dan membuat lantai sulit kering.

Sebaiknya, peras kain pel setiap kali Anda mencelupkan kain pelnya ke ember. Dengan cara tersebut, sisa air pel yang berlebih tidak akan tumpah ke lantai dan membuat lantai basah.

Ganti air pel jika sudah kotor

Saat mengepel, air pel yang ada di ember akan bertambah kotor seiring waku. Namun, terkadang air yang sudah kotor tersebut dibiarkan saja dan tetap dipakai untuk mengepel lantai.

Baca Juga: Mencari Warna Keramik yang Pas untuk Kamar Mandi? Ini Rekomendasinya!

Faktanya, mengepel lantai dengan air pel yang sudah kotor justru akan membuat lantai lebih kotor, bukannya bersih. Oleh karena itu, pastikan Anda mengganti air pel setiap kali warnanya sudah berubah menjadi gelap dan kotor untuk memastikan lantai bersih dengan maksimal.

Biarkan lantai kering sendiri

Pernahkah Anda mengipasi lantai yang baru dipel supaya lebih cepat kering? Ternyata, langkah ini kurang disarankan karena dapat meninggalkan bekas yang mengganggu tampilan lantai.

Jadi, biarkan lantai kering dengan sendirinya setelah selesai dipel. Untuk membantu mempercepat prosesnya, Anda bisa membuka pintu dan jendela supaya sirkulasi udara di rumah mengalir dengan lancar.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan supaya kegiatan mengepel lantai lebih efektif. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News