Keluarga

Tips Mengasuh Anak yang Sering Susah Fokus

Tips Mengasuh Anak yang Sering Susah Fokus

MOMSMONEY.ID - Selalu ada tantangan yang harus orang tua hadapi saat mengasuh anak-anak mereka terutama ketika anak memiliki permasalahan tertentu, seperti masalah fokus.

Kira-kira, apa yang sebaiknya orang tua lakukan tatkala anak sering kesulitan untuk fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari?

Dilansir dari PsychCentral, inilah 4 tips mengasuh anak yang memiliki masalah fokus:

1. Buat jadwal yang konsisten

Anak-anak yang memiliki masalah fokus cenderung lebih rentan terganggu dan kesulitan untuk mengerjakan tugas jika mereka tidak memiliki jadwal yang konsisten. Sebagai orang tua, Anda dapat membantu anak yang susah fokus dengan cara mengatur jadwal yang konsisten.

Anda bisa meminta anak untuk membantu merancang jadwal sekreatif mungkin kemudian mencetaknya. Setelah jadi, biarkan anak  mencoret hal-hal di dalam jadwal yang sudah mereka selesaikan atau sekadar melihatnya secara berkala. Cara ini sangat penting untuk membantu anak mengembangkan kemandirian sekaligus keterampilan untuk mengatur dirinya sendiri.

2. Arahkan anak untuk sering beristirahat

Anak yang memiliki masalah fokus cenderung tidak dapat menyelesaikan banyak tugas dalam jangka waktu tertentu. Alih-alih memaksa anak untuk mengerjakan lebih dari satu tugas secara terburu-buru, alangkah baiknya orang tua mengarahkan mereka untuk sering beristirahat setidaknya 10 menit guna mengembalikan fokus.

Contoh, mintalah anak untuk mengerjakan PR selama 15-20 menit kemudian beristirahat selama 5-10 menit.

Baca Juga: 5 Strategi Parenting untuk Membantu Anak Mengembangkan Perilaku Baik

3. Singkirkan gangguan

Anak-anak terutama yang memiliki masalah fokus rentan terganggu oleh berbagai hal seperti suara, mainan, atau orang lain di sekitar mereka. Jika anak mudah teralihkan perhatiannya, sangat disarankan bagi Anda untuk menyingkirkan gangguan-gangguan tersebut.

Apabila diperlukan, Anda bisa bekerja sama dengan guru anak guna membantu membuat rencana untuk menjauhkan anak dari anak-anak lain saat mereka sedang mengerjakan tugas. Atau, mintalah guru anak Anda untuk memastikan ruangan kelas tetap tenang saat pelajaran berlangsung.

4. Pastikan tubuh Anda sejajar dengan tubuh anak saat berbicara

Anak yang memiliki masalah fokus biasanya akan kesulitan juga untuk tetap fokus selama percakapan berlangsung. Apabila sering memerhatikan anak terus-menerus memalingkan wajah tatkala Anda berbicara kepadanya atau mereka sering berbicara di luar topik, maka Anda perlu memosisikan tubuh Anda supaya sejajar dengan anak saat berbicara di hadapan mereka.

Membungkuk atau berjongkoklah sampai mata Anda sejajar dengan mata anak pada saat berbicara dengan mereka. Sebaliknya, hindari untuk berbicara dari kejauhan atau berbicara sembari berdiri. Ini dilakukan guna memberikan lebih sedikit ruang untuk gangguan sekaligus membantu anak untuk lebih fokus karena mereka cenderung lebih mudah untuk fokus pada seseorang dengan jarak yang dekat.

Moms, membesarkan anak yang memiliki masalah fokus memang cenderung sulit. Namun, jika Anda menerapkan keempat tips di atas, itu dapat membantu anak mengembangkan rentang perhatian sekaligus kemampuan fokus mereka. Semoga bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News