Keluarga

Tips Menata Dapur Anda Supaya Lebih Rapi dan Modern Layaknya Supermarket

Tips Menata Dapur Anda Supaya Lebih Rapi dan Modern Layaknya Supermarket

MOMSMONEY.ID - Apa yang Anda pikirkan mengenai dapur? Tentunya kulkas, kompor dan tempat mencuci piring kotor. Namun dalam konsep dapur modern, dapur tak hanya soal tiga itu, dapur bahkan bisa jadi tempat bersosialisasi. Lalu bagaimana cara menata dapur supaya lebih rapi dan modern? Simak tipsnya di bawah ini. 

Melansir House Beautiful, Organizing Expert Shira Gill mengataan bahwa jika ingin menata dapur supaya lebih rapi dan modern, sebaiknya ditata seperti supermarket. Semua barang yang ada di dapur sebaiknya ditata sesuai kategori dan diurutkan dari yang paling sering digunakan dan tidak. Barang yang paling sering digunakan sebaiknya disimpan di lokasi yang mudah dijangkau oleh tangan. 

Baca Juga: Begini 5 Cara Mudah dan Murah Bikin Rumah Anda Jadi Lebih Ramah Lingkungan

Misalnya meletakan panci dan wajan di dekat kompor. Meletakkan alat pembersih dan sampah di bawah wastafel, dan tempat menyimpan makanan diletakkan di dekat kulkas. Meski terlihat mudah, hal-hal ini perlu disesuaikan dengan bentuk dapur Moms saat ini. Ini lah yang menjadi tantangan bagi Anda untuk menata dapur supaya lebih rapi dan modern. 

Designer Brynn Olson merekomendasikan Anda untuk menulis rutinitas di dapur dan hidangan apa yang paling sering Anda buat. Dengan demikian Anda akan mengetahui barang apa yang harus mudah terlihat dan mudah dijangkau oleh tangan Anda saat memasak. Ini akan memudahkan Anda membuat dapur nampak lebih rapi dan modern. Langsung saja kita simak tips menata dapur supaya lebih rapi dan modern.

1. Pilih prioritas Anda

Rumah Japandi Minimalis

Anda perlu membagi dapur menjadi zona tertentu seperti zona penyimpanan makanan, zona menyiapkan makanan, zona memasak dan zona membersihkan. Penataan sesuai zona ini akan membuat dapur nampak lebih rapi. 

Dari zona tersebut, tentukan barang apa yang sebaiknya mudah dijangkau oleh Anda pada setiap zona. Misalkan saja pisau diletakan di zona persiapan makanan dan kotak penyimpanan makanan dekat kulkas untuk menyimpan makanan yang masih sisa. 

2. Maksimalkan ruang kosong di dapur Anda

Untuk membuat dapur Anda nampak lebih rapi dan modern, artinya lokasi penyimpanna harus sederhana dan tak memakan banyak tempat. Justru sebaiknya Anda memanfaatkan beberapa bagian kosong dengan memberikan lemari penyimpan yang memiliki model laci ditarik.  

Inspirasi dapur cantik 2022

Jenis penyimpanan ini lebih mudah untuk ditata, dan lebih mudah bagi Anda mencari barang yang diinginkan. Untuk mengaplikasikannya Anda bisa memesan custom laci. 

3. Buat zona yang lebih tegas

Dapur tak hanya tempat bagi Anda memasak. Terkadang anggota keluarga lainnya juga memiliki zona favoritenya di dapur. Untuk itu, jika ingin dapur lebih rapi dan modern, serta nyaman digunakan buat pemisahan zona yang lebih tegas. Meski zona tersebut terhitung kecil. Setidaknya saat Anda memasak, saudara Anda tidak mengganggu flow memasak Anda. 

Misalkan zona khusus menyimpan anggur diletakkan di sudut ruang, bersebelahan dengan zona membuat kopi. Di mana sebisa mungkin zona ini tidak mengganggu zona memasak Anda. 

4. Pastikan dapur masih nyaman untuk lalu-lalang

Ini artinya dalam membuat dapur lebih modern dan nyaman digunakan adalah memperhatikan akses lalu-lalang. Perhatikan soal penataan pintu yang terbuka, atau lemari yang terbuka, atau jarak antara akses jalan dengan kursi supaya tidak menganggu pergerakan secara bebas. 

5. Pertimbangkan soal bersosialisasi saat menata sebuah zona

Perhatikan kebiasaan Anda saat di dapur. Apakah anda senang berbincang dengan ayah-ibu atau pasangan dan anak sambil memasak? Jika iya perhatikan zona mana yang bisa membuatmu tetap nyaman berbincang dengan mereka. Misalkan di zona persiapan makanan sebaiknya menghadap ke ruangan di mana anggota keluarga Anda bisa saling melihat dan berbicara. 

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Begini Cara Mengatasi Atap Bocor

Demikian tips bagi Moms untuk menata dapur di rumah supaya lebih rapi dan terlihat lebih modern. Tips ini bisa Anda sesuaikan dengan jenis dapur memanjang, berbentuk U atau L. Bisa juga diaplikasikan pada gaya dapur minimalis, retro dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News