Keluarga

Begini 5 Cara Mudah dan Murah Bikin Rumah Anda Jadi Lebih Ramah Lingkungan

Begini 5 Cara Mudah dan Murah Bikin Rumah Anda Jadi Lebih Ramah Lingkungan

MOMSMONEY.ID - Begini cara menjadikan rumah Anda lebih ramah lingkungan untuk mencegah perubahan iklim ekstrem.

Perubahan iklim telah menjadi fokus utama akhir-akhir ini. Pasalnya, dampak perubahan iklim paling kentara saat cuaca ekstrem melanda di berbagai belahan dunia.

Penyebab utamanya adalah kegiatan manusia. Untuk itu, Anda bisa mulai membantu mencegah perubahan iklim yang semakin cepat dengan membuat rumah ramah lingkungan. 

Melansir Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, perubahan iklim adalah perubahan signifikan iklim, suhu udara dan curah hujan.

Perubahan ini terjadi karena peningkatan konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas lain di atmosfer yang menyebabkan efek gas rumah kaca.

Baca Juga: Promo IKEA, Dapatkan Potongan Harga 30% Dapat Lemari hingga Kasur

Peningkatan konsentrasi gas rumah kaca disebabkan oleh berbagai kegiatan manusia. Sebenarnya, gas rumah kaca ini dibutuhkan untuk menjaga suhu bumi tetap stabil.

Namun, jika terlalu banyak maka atmosfer akan semakin tebal dan menyebabkan jumlah panas di bumi semakin banyak yang disebut pemanasan global. 

Anda bisa memperlambat efek perubahan iklim ini mulai dari rumah. Melansir House Beautiful, 5 langkah ini dapat Anda lakukan dengan mudah dan murah untuk membuat rumah Anda lebih ramah lingkungan:

1. Gunakan bahan yang bisa mencegah suhu udara di rumah mudah bocor

Anda bisa memasang gabus yang dihasilkan dari regenerasi kulit pohon ek atau menggunakan kertas koran atau kertas daur ulang lainnya untuk mempertahankan suhu di dalam rumah.

Dengan cara ini Anda bisa membuat rumah lebih ramah lingkungan, karena saat suhu udara bertahan lebih lama di dalam rumah otomatis Anda akan hemat penggunaan energi AC atau penghangat ruangan lainnya. 

Baca Juga: Mau Dekorasi Ulang Rumah? Yuk, Pakai Warna Cat Rumah Terbaru 2023

2. Atur penggunaan ruang di rumah Anda

Anda bisa hemat energi dengan memastikan ruangan mana yang lebih membutuhkan banyak cahaya. Misalkan, ruang tamu, dapur atau ruang kerja.

Di tiga ruang ini Anda biasanya membutuhkan banyak cahaya. Atur ruangan ini di lokasi yang banyak menerima cahaya matahari sehingga Anda tak perlu sering dan berlama-lama menyalakan lampu. 

3. Manfaatkan jendela di rumah Anda

Keberadaan jendela dapat membuat sirkulasi udara di rumah jadi semakin baik. Bisa mengeluarkan udara dingin di rumah saat musim hujan, serta mengeluarkan udara panas saat musim panas.

Ini bisa membantu Anda mengurangi penggunaan energi untuk AC atau penghangat ruangan hingga 50%. Jangan lupa gunakan gorden yang terbuat dari kain rami, bambu atau katun. 

4. Ganti lampu di rumah menggunakan LED

Lampu LED lebih hemat energi hingga 90% dibanding lampu biasa. Selain itu, lampu LED juga lebih tahan lama, mampu hingga 10.000 jam pencahayaan. Ini membantu Anda mengurangi konsumsi listrik demi membuat rumah Anda ramah lingkungan. 

Baca Juga: Promo IKEA, Belanja Pakai BNI Dapat Cashback Hingga Rp 200.000

5. Hubungkan alat elektronik di rumah dengan aplikasi di HP dan gunakan setidaknya 7 tahun

Memiliki alat elektronik yang bisa dihubungkan dengan aplikasi tak hanya memudahkan Anda. Tetapi juga, menjaga Anda dari boros penggunaan energi. Apalagi jika Anda sering lupa mematikan alat elektronik sehingga energi terbuang sia-sia. 

Selain itu, jika Anda memiliki barang elektronik gunakan setidaknya 7 tahun. Jangan kurang dari itu sebab limbah elektronik sangat berbahaya bagi lingkungan. Limbah elektronik mengandung timbal, merkuri hingga arsenik. 

Itu tadi lima langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah Anda lebih ramah lingkungan. Cukup mudah dan murah bukan? Yuk mulai dari sekarang untuk menjaga bumi tetap sehat dan lestari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News