BisnisYuk

Tips Memulai Bisnis dengan Modal Kecil. Simak Penjelasannya di Sini!

Tips Memulai Bisnis dengan Modal Kecil. Simak Penjelasannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Untuk memulai bisnis, kerap kali pelaku usaha berpikir ulang. Selain ide atau produk yang akan dijual, modal dan segala keperluan membangun bisnis juga perlu diperhatikan.

Nah, Raymond Chin, Co-Founder dan CEO Ternak Uang memberikan tips bagi pelaku usaha yang ingin memulai bisnis dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Riset

Ketika menjajal sebuah bisnis, Raymond bilang riset diperlukan untuk validasi. Apakah ide bisnis anda akan bekerja atau tidak. Dalam praktiknya, riset sendiri terbagi atas dua, yaitu riset pasar dan riset kompetitor.

Riset pasar sendiri biasanya fokus ke survei konsumen. Sedangkan riset kompetitor bisa dengan menganalisa lalu membandingkan kekurangan dan kelebihan produk kompetitor dengan produk yang akan dijual.

Seandainya banyak kompetitor di sekitar, Raymond bilang ada baiknya anda fokus ke USP (Unique Selling Proposition), yaitu keunikan atau hal yang membedakan produk yang akan kita tawarkan.

Baca Juga: Tips Kelola Bahan Makanan Tetap Segar Ala Chef Devina Hermawan

2. Produk

Untuk memulai bisnis, usahakan anda menghindari untuk stok barang dengan jumlah yang banyak. Ciptakan minimum viable product (MVP) untuk mendapatkan feedback dari konsumen, sehingga kita mengetahui apa yang diinginkan konsumen.

Kemudian, untuk besaran margin keuntungan dari modal, Raymond merekomendasikan keuntungan di kisaran 50 persen. Tapi untuk pemula, dipersilakan untuk memperkecilnya lagi.

3. Pemasaran

Jika sudah mulai menjalankan bisnis, ada tiga hal yang perlu ditekankan pada bagian pemasaran. Pertama, perhatikan fondasi bisnis, seperti logo. Kedua, komunikasi yang baik, termasuk dengan suplier dan konsumen. Ketiga, pasarkan lewat jalur organic channel dengan menggunakan platform media sosial. Kemudian, anda jangan malu untuk menjemput bola. "Coba tawarkan produk yang dijual kepada orang terdekat," kata Raymond.

Baca Juga: Tidak Diragukan Lagi, Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut

4. Operasional

Pada dasarnya, operasional bisnis disokong oleh kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk menggerakkan bisnis, termasuk urusan administrasi.

Setelah proses administrasi beres, catat pemasukan dan pengeluaran. Lalu, catat inventori, juga stok barang. Agar lebih mudah, Raymond bilang usahakan agar perputaran bisnis lebih cepat.

5. Modal (Lean)

Modal tidak menjadi ukuran kesuksesan dalam bernisnis. Kalau modal minim sekali, bisa menggunakan sistem pre-order. Untuk alokasi modal, Raymond merekomendasikan komposisi 40% (R&D) : 40% (produk) : 20% (distribusi).

Demikian beberapa cara yang dapat dipraktekkan bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis tanpa memiliki modal besar. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News