Bugar

Tidak Diragukan Lagi, Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut

Tidak Diragukan Lagi, Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut

MOMSMONEY.ID - Minyak kelapa berasal dari buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat.

Berkat rantai asam lemak ini, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. Sudah sejak lama minyak kelapa digunakan dalam produk perawatan rambut.

Hal ini karena minyak kelapa untuk rambut dipercaya memiliki banyak manfaat, terutama dalam memperbaiki rambut rusak. 

Baca Juga: Ingin Berhenti Merokok? Coba Praktikkan Tips Berikut Ini!

Selain itu, dilansir dari Web MD, berikut ini adalah beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut yang biasa Anda peroleh, antara lain: 

Melembapkan rambut

Penelitian mengungkapkan bahwa asam laurat dalam minyak kelapa dapat bekerja sebagai pelembap rambut apabila digunakan sebelum keramas.

Namun, pastikan Anda memilih minyak kelapa alami yang bebas bahan kimia untuk memperoleh rambut yang lembut, sehat, dan berkilau.

Memanjangkan rambut

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut selanjutnya bisa memanjangkan rambut. Rambut yang panjang, halus, dan berkilau sering menjadi dambaan banyak orang.

Namun, polusi, cuaca, udara, sinar matahari, pewarna, dan alat penata rambut dapat menyebabkan rambut rusak hingga membuatnya sulit tumbuh panjang.

Mencegah kerontokan

Penataan rambut yang berlebihan dapat merusak batang rambut hingga menyebabkan rambut rontok.

Untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok akibat penataan yang berlebihan ini, Anda bisa menggunakan minyak kelapa.

Baca Juga: Selain Olahraga, Ini Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Mencegah kutu rambut

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut lainnya bisa mencegah kutu rambut. Munculnya kutu rambut dapat menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Untuk membasmi dan mencegah kutu rambut datang kembali, Anda bisa menggunakan campuran minyak kelapa dan adas manis.

Mengatasi ketombe

Infeksi jamur pada kulit kepala dapat menyebabkan ketombe. Minyak kelapa dipercaya dapat mengatasi ketombe akibat infeksi jamur ini karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efetivitas minyak kelapa untuk rambut dalam mengatasi ketombe.

Beberapa cara penggunaan minyak kelapa untuk rambut di atas bisa Anda coba untuk mendapatkan rambut sehat serta mengatasi berbagai masalah rambut dan kulit kepala.

Jika keluhan tidak membaik setelah dilakukan berbagai perawatan dengan minyak kelapa, sebaiknya konsultasikan lebih lajut dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News