HOME, Santai

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

MOMSMONEY.ID - Memiliki mobil yang nyaman sekaligus harganya yang ramah di kantong, niscaya menjadi harapan banyak orang. Nah, untuk mewujudkannya tidak sulit, kok. 

Di era digital saat ini, Anda bisa dengan mudahnya membeli mobil melalui layanan berbasis teknologi. Tinggal klik, Anda bisa bertransaksi di mana saja dan kapan saja.

Salah satu platform beli mobil secara online, yaitu Carro. Anda bisa membeli mobil bekas secara online tanpa harus pergi dari satu diler ke diler lain.

Tetapi, sebelum membeli mobil bekas yang diinginkan, apa saja yang harus dipertimbangkan? berikut ulasannya.

- Riset adalah kunci

Internet adalah tempat yang sempurna untuk mempelajari lebih lanjut tentang opsi dari berbagai jenis mobil yang diinginkan.

Sebelum memutuskan mobil yang hendak dibeli, pastikan konsumen mengetahui harga, spesifikasi, karakteristik mobil tersebut, telah sesuai dengan apa yang diinginkan dan budget yang dimiliki.

Melalui riset, calon konsumen dapat terhindar dari salah memilih kendaraan. Tidak seperti generasi sebelumnya, di mana teman dan keluarga sangat mempengaruhi keputusan pembelian mereka, saat ini internet memainkan peran lebih berpengaruh dalam proses pembelian mobil.

"Konsumen dapat memilih mobil impiannya melalui CARRO, karena kami menyediakan semua informasi yang dibutuhkan konsumen secara online, mulai dari informasi harga dan opsi pembayaran hingga fitur dan riwayat lengkap mobil,” ucap Aditya Lesmana, Co-founder CARRO.

Baca Juga: Menarikkah Saham Sektor Infrastruktur?

- Pilih penjual mobil yang terpercaya

Setiap hari ada ribuan mobil bekas yang ditawarkan secara online setiap harinya. Namun tidak mungkin konsumen dapat memeriksa satu persatu. Karena itu memilih tempat membeli mobil yang dapat menawarkan pengalaman pembelian digital yang terbaik merupakan hal penting yang harus dilakukan.

Sebagai marketplace otomotif yang meraih status unicorn pertama di Asia Tenggara, CARRO menawarkan pengalaman pembelian secara interaktif melalui dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI). Platform jual beli mobil CARRO secara pintar akan menyajikan pilihan mobil yang sesuai dengan keinginan pembeli.

CARRO juga menerapkan standar 5S: safety, savings, standardization, super quality, dan style untuk membantu konsumen mendapatkan mobil bekas terbaik.

Semua mobil yang dijual di CARRO juga telah melewati 150 titik inspeksi secara menyeluruh dan di jamin bebas banjir, bebas kecelakaan, bukan mobil curian, tidak ada kerusakan akibat air atau api, odometer asli, dan dilengkapi dengan riwayat servis serta dokumen dan surat-surat lengkap.

- Lakukan test drive

Ketika sudah mendapatkan mobil yang diinginkan, baiknya konsumen melakukan test drive terlebih dahulu. Hal ini cara paling tepat untuk menilai apakah mobil tersebut cocok dan berada dalam kondisi yang baik.

Konsumen dapat merasakan secara langsung saat mengemudi, mulai dari masuk ke ruang kemudi, duduk di bangku penumpang, posisi mengemudi, kondisi jok, bagaimana visibilitas saat di belakang kemudi, apakah ada bau tak enak, apakah ada bunyi, periksa juga ruang mesin, kondisi AC, dan lainnya.

CARRO menyediakan test drive on the spot atau menjadwalkan test drive di rumah, dimana setelah konsumen menemukan mobil yang diinginkan, mereka dapat mengajukan permintaan test drive, dan CARRO akan mengirimkan mobil langsung ke alamat tujuan.

Baca Juga: Galaxy Tab S7 FE 5G, Tab Baru Samsung dengan Jaringan 5G

- Periksa garansi kendaraan

Garansi resmi mobil adalah hal yang juga wajib konsumen ketahui. Jika mobil masih memiliki garansi resmi servis, maka ini tentunya akan menjadi keuntungan bagi konsumen tersendiri untuk melakukan pembelian. Namun di samping itu, periksa juga apakah ada tambahan garansi lain yang diberikan oleh penjual.

CARRO adalah pionir di pasar mobil bekas Indonesia yang menawarkan mobil bekas Certified Refresh. Ini artinya, setelah kendaraan melewati inspeksi ketat di 150 titik,

CARRO akan melakukan perbaikan dan detailing untuk memastikan mobil bekas telah direkondisi dengan baik sehingga terlihat dan terasa seperti baru.

Di samping itu, konsumen juga dapat menikmati skema eksklusif di mana mereka dapat mengakses layanan purna jual seperti garansi mesin dan transmisi selama 90 hari.

Ditambah asuransi 1 tahun, serta kebijakan pengembalian 7 hari dan 1 tahun buy-back warranty jika konsumen berencana melakukan upgrade mobil yang sudah dibeli melalui CARRO dengan stok terkini di tahun berikutnya.

- Tentukan metode pembayaran sesuai kemampuan

Ketika konsumen ingin membeli mobil bekas secara tunai, terlebih dahulu periksa jumlah aset lancar yang dimiliki saat ini, seperti tabungan, deposito, reksa dana, saham, dan emas logam mulia. Kalau ternyata jumlah aset lancar yang bisa dialokasikan belum mencukupi untuk membeli mobil bekas secara tunai, konsumen bisa mempertimbangkan opsi kredit. 

Usahakan membayar jumlah DP terbesar yang bisa dialokasikan dan durasi kredit paling singkat, sehingga total bunga kredit yang dibayarkan jadi tidak terlalu besar.

CARRO memahami hal ini dan oleh karena itu CARRO telah bekerjasama melalui kemitraan eksklusif dengan mitra multi-financing, untuk menawarkan opsi pembiayaan yang fleksibel dimana konsumen dapat membayar secara online melalui lebih dari 50 opsi pembiayaan.

CARRO juga bermitra dengan Tokopedia dan Blibli untuk menawarkan opsi pembayaran dan opsi trade-in bagi konsumen.

Baca Juga: Awal Pekan IHSG Prima, Begini Perkiraan Pergerakan Indeks, Selasa (31/8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News