HOME, Santai

Tips Membersihkan Brush Makeup dengan Benar Layaknya Profesional

Tips Membersihkan Brush Makeup dengan Benar Layaknya Profesional

MOMSMONEY.ID - Brush termasuk salah satu alat makeup yang penting. Tidak hanya untuk membaurkan bedak, brush juga berguna untuk melakukan blending eyeshadow dan menyapukan blush on maupun highlighter.

Karena fungsinya yang beragam itulah brush memiliki banyak jenis yang didesain sesuai dengan peruntukkannya masing-masing. Beberapa jenis brush yang populer di pasaran adalah powder brush, flat brush, dan blending brush.

Agar brush tetap aman dan nyaman digunakan, sudah menjadi keharusan bagi para pengguna makeup untuk rutin membersihkannya. Tidak cukup hanya dikibas-kibaskan, brush juga perlu dicuci. Lalu, bagaimana cara membersihkan brush yang benar?

Baca Juga: Deretan Shade Lipstick yang Bisa Membuat Gigi Terlihat Lebih Putih

Melansir dari Vogue, berikut beberapa tips membersihkan brush yang benar ala profesional:

Cuci brush seminggu sekali

Selain menjaga kebersihan, brush yang rutin dicuci juga akan memberikan hasil riasan yang paripurna. Oleh sebab itu, penting untuk mencuci brush paling tidak seminggu sekali. Pencucian brush sebanyak seminggu sekali dapat Moms lakukan jika Moms menggunakan brush tersebut untuk model riasan yang sama setiap harinya.

Jika sering menggunakan brush untuk memoleskan produk dengan warna yang berbeda-beda, Moms perlu untuk mencucinya lebih sering dan tidak cukup sekali dalam seminggu kecuali stok brush yang Moms miliki melimpah.

Perlakukan brush layaknya rambut

Karena terbuat dari bulu atau rambut, brush pun perlu dirawat layaknya Moms merawat rambut sendiri. Dengan begini, brush tidak hanya akan awet melainkan juga akan terasa lembut dan wangi.

Moms dapat menggunakan shampoo rambut yang memiliki aroma menyegarkan seperti lemon untuk dipakaikan ke brush. Jangan lupa juga untuk memilih shampoo yang bersifat melembutkan.

Baca Juga: Tips Ampuh Membersihkan Makeup Menurut Ahli Kosmetik

Lakukan deep clean dengan sabun cuci piring

Seorang MUA bernama Troy Surrat mengungkapkan bahwa sabun cuci piring ampuh untuk membersihkan brush yang penuh dengan bekas produk berbasis silikon dan minyak. Surrat mengatakan jika lemak-lemak yang ada pada brush dapat dihilangkan dengan sangat baik menggunakan sabun cuci piring.

Meskipun begitu, sabun cuci piring yang digunakan tidak boleh sembarangan. Moms dapat menggunakan sabun cuci piring dengan kandungan alkohol rendah serta tidak mengandung bahan pelarut yang keras. Karena, alkohol yang tinggi dan pelarut yang keras dapat melonggarkan lem pada brush sehingga mampu membuat brush cepat rusak.

Ciptakan busa kemudian bilas

Tak perlu mencelupkan semua bagian brush ke dalam produk pembersih. Moms cukup letakkan cairan pembersih di sebuah wadah dan celupkan brush yang sudah dibasahi air sebelumnya ke dalam cairan tersebut. Pastikan untuk mencelupkan hanya pada bagian permukaan atas brush atau bagian brush yang terkena produk makeup saja.

Setelah itu, goyangkan brush dalam cairan pembersih hingga sisa produk makeup pada brush mulai melarut. Setelah itu, bolak-balikkan brush di telapak tangan hingga brush berbusa. Terakhir, bilas brush dengan air hangat hingga sisa cairan pembersih benar-benar hilang.

Jangan lupa keringkan brush setelah dicuci

Untuk membuang kelebihan air setelah dicuci, Moms bisa mengibaskan brush lalu tepukkan bulu-bulu brush dengan menggunakan handuk bersih.

Jika Moms mencuci brush di malam hari dan berharap brush akan kering keesokan paginya, maka Moms dapat meletakkan brush di atas loyang yang dilapisi alas kue silpat kemudian tempatkan loyang di gas oven. Tak perlu dinyalakan, karena lampu pilot pada oven tersebut mampu menambahkan sedikit kehangatan sehingga dapat membuat brush lebih cepat kering.

Itulah beberapa tips membersihkan brush makeup yang aman untuk membuat brush tetap awet. Jangan lupa untuk mengganti brush jika bulu-bulu pada brush sudah banyak yang rontok ya, Moms!

Selanjutnya: Jangan Sembarangan, Inilah 4 Cara Aman Mencoba Makeup Tester di Toko

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News