AturUang

Tips Jitu Menyiasati Biaya Pemakaman, Mencicil Bisa Jadi Pilihan

Tips Jitu Menyiasati Biaya Pemakaman, Mencicil Bisa Jadi Pilihan

MOMSMONEY.ID - Beberapa biaya dalam upacara kematian ternyata bisa dicicil. Salah satunya adalah biaya pemakaman. Khususnya, bagi mereka yang ingin makam eksklusif dan bukan makam yang dikelola pemerintah. 

Nah, biaya untuk makam jenis  ini tidaklah sedikit. Sebut saja misalnya pemakaman San Diego Hills Karawang. Dilansir dari website San Diego Hills, biaya pemakaman mulai Rp 60 jutaan hingga ratusan juta untuk tipe single. Harga ini lantas  ditawarkan dengan berbagai model cicilan, di antaranya 12 kali cicilan alias setahun

Menurut Agustina Fitria, perencana keuangan OneShildt, sebenarnya sah-sah saja, jika orang memang ingin mencicil biaya pemakaman mereka.  Asalkan, semua kebutuhan utama di dalam hidup benar-benar sudah terpenuhi.

Baca Juga: Perlukah Menyiapkan Biaya Kematian? Simak Jawaban Perencana Keuangan Ini

"Kalau memang ada kemampuan, dan semua yang prioritas  dalam hidup sudah terpenuhi, pendidikan anak terpenuhi, ya tidak ada salahnya mempersiapkan biaya tersebut," ujar Fitri. 

Beda cerita jika untuk biaya hidup  belum terpenuhi,  untuk apa mencicil lahan  pemakaman mewah.  Maka,  Fitri bilang kita harus punya alasan dan keuangan yang kuat untuk memutuskan hal tersebut. 

Hal sama juga disampaikan Mike Rini, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE). Menurut dia, boleh saja orang mengangsur biaya untuk kematiannya, jika kebutuhan hidup sudah tercukupi. Dengan begitu, biaya kematiannya tak jadi beban  keluarga yang ditinggal.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News