AturUang

Perlukah Menyiapkan Biaya Kematian? Simak Jawaban Perencana Keuangan Ini

Perlukah Menyiapkan Biaya Kematian? Simak Jawaban Perencana Keuangan Ini

MOMSMONEY.ID - Tidak ada orang yang bisa menduga kapan dirinya akan meninggal. Selain memperbanyak pahala, hal yang harus disiapkan adalah uang untuk mengurus kematian.

Jangan sampai, ketika Anda meninggal justru ada beban materi bagi orang yang ditinggalkan, terutama untuk biaya pemakaman hingga acara adat.

Sebenarnya, pemerintah menyediakan lahan pemakaman dengan biaya yang terjangkau. Namun, harus diakui, tak semua orang berkenan dengan lahan pemakaman yang pemerintah sediakan.

Alhasil, orang akan memilih pemakaman lain, entah itu karena pertimbangan fasilitas yang lebih lengkap, maupun jaraknya dekat dengan tempat tinggal keluarga atau ahli waris.

Perlukah sebenarnya menyiapkan biaya kematian jauh-jauh hari? Lantas, siapa sebenarnya yang harus menyiapkan biaya kematian?

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dan Terpercaya, biar Tidak Salah Pilih

Mike Rini, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE), mengatakan, Anda harus mempersiapkan biaya kematian untuk diri sendiri. Itu dilakukan, idealnya saat seseorang memperoleh penghasilan.

Memang, belum banyak orang yang sadar dengan biaya kematian. "Tapi, sebaiknya, saat seseorang punya penghasilan, punya uang cukup, sudah bisa mulai menyisihkan dana untuk hal ini," kata Mike kepada Momsmoney.

Kematian itu tidak pilih-pilih orang. Semua bisa saja meninggal bukan bergantung pada usia. Maka, saran Mike, jika sudah berpenghasilan, sebaiknya Anda mulai memikirkan dana kematian.

Lantas, ketika punya anak usia di bawah 18 tahun, Anda juga perlu menyiapkan biaya kematiannya.

Di samping itu, Anda perlu menyiapkan dana kematian orangtua. Terutama, jika orangtua tidak memiliki alokasi biaya kematian yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News