HOME, Bugar

Tips Diet Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Obesitas

Tips Diet Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Obesitas

MOMSMONEY.ID - Ibu Hamil yang obesitas diklaim cukup berisiko mengalami komplikasi kehamilan hingga kemungkinan akan melahirkan bayi prematur dikutip dari Healthline.

Diet sehat ini dapat membantu menurunkan berat badan ibu hamil dengan cara yang aman dan tanpa membahayakan janin.

Diet sehat yang aman menjadi hal ini harus menjadi konsentrasi utama. Jangan sampai melakukan diet yang membahayakan janin dalam perut.  

Obesitas selama kehamilan memiliki banyak risiko, seperti keguguran, diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, preeklamsia, penggumpalan darah atau pendarahan hebat saat melahirkan. 

Baca Juga: Anda Sedang Program Hamil? Ini Cara Bantu Cek Kesuburan Suami

Jiika ibu hamil ingin melakukan diet sehat, dirangkum dari Pregnant Education, berikut tips diet sehat untuk ibu hamil agar tidak obesitas yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

Konsultasikan ke dokter 

Tips diet sehat untuk ibu hamil agar tidak obesitas yang pertama adalah konsultasikan kepada dokter sebelum melakukan diet. 

Selain itu, dokter juga bisa menyarankan jenis makanan, hingga aktifitas yang dapat dilakukan ibu hamil untuk mengontrol berat badan. 

Mengubah pola makan 

Tips diet sehat untuk ibu hamil agar tidak obesitas yang kedua adaalah mulai mengubah pola makan. Pola makan sehat, bergizi serta teratur juga paling penting agar bayi tidak lahir cacat.

Pilih sayuran serta buah dengan kandungan vitamin A, C dan K, asam folat, zat besi, mineral, serat.  

Konsumsi daging tanpa lemak, ikan salmon yang kaya omega-3, kacang-kacangan untuk mencegah diabetes. Porsinya tentu tidak berlebih, imbangi minum susu serta air putih cukup. 

Kehamilan sebagai peluang perubahan 

Tips diet sehat untuk ibu hamil agar tidak obesitas yang ketiga adalah memanfaatkan kehamilan sebagai peluang untuk merubah pola hidup sehat. 

Tidak ada kesehatan yang jauh lebih penting selain kondisi ibu dan janin. Meski diet, jadikan kesempatan ini sebagai peluang untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Inilah 4 Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Konsumsi suplemen prenatal 

Tips diet sehat untuk ibu hamil agar tidak obesitas yang keempat adalah rutin mengonsumsi suplemen prenatal. 

Meski sudah mengonsumsi makanan bergizi, ada kemungkinan ibu hamil melewatkan nutrisi lainnya yang juga tidak kalah penting untuk tubuh serta janin. 

Ibu hamil dapat meminta suplemen prenatal ke dokter kandungan masing-masing yang dosisnya menyesuaikan kondisi. 

Olahraga teratur tapi tidak berlebihan 

Tips diet sehat untuk ibu hamil agar tidak obesitas yang terakhir adalah rutin melakukan olahraga tapi tidak berlebihan. 

Ibu hamil tetap bisa berolahraga untuk mengurangi berat badan berlebih penyebab obesitas. Jenis olahraganya tentu tidak berat, namun perlu rutin serta teratur melakukannya. 

Meski ibu hamil sedang melakukan diet, jangan sampai terlalu kelelahan yang membahayakan baik untuk dirinya maupun janin dalam kandungannya.

Lebih baik pergi ke dokter kandungan untuk melakukan konsultasi apabila memang ingin melakukan diet sehat saat proses kehamilan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News