HOME, Keluarga

Tips dan Trik Menggunakan Warna Netral untuk Interior Rumah yang Makin Menawan

Tips dan Trik Menggunakan Warna Netral untuk Interior Rumah yang Makin Menawan

MOMSMONEY.ID - Warna netral seperti putih, coklat, abu-abu, dan hitam merupakan warna favorit yang banyak digunakan untuk interior rumah, khususnya untuk interior rumah bergaya minimalis.

Menurut Behr.com, warna netral banyak disukai karena fleksibel dan terlihat klasik, serta dapat memberi kesan ruangan yang menenangkan, hangat, dan cerah. Selain itu, warna netral juga bisa dikombinasikan dengan warna-warna lainnya tanpa terlihat berlebihan.

Nah, supaya penggunaan warna netral pada interior rumah tidak membosankan, ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan. Dilansir dari stuff.co.nz dan homesandgardens.com, berikut tips dan trik menggunakan warna netral untuk interior rumah Anda.

Baca Juga: Tips Desain Rumah yang Ramah dan Aman Bagi Lansia, Yuk Simak!

Kombinasikan variasi warna netral

Ketika menggunakan warna netral, Anda dapat mengombinasikan warna netral yang Anda pilih dengan warna yang satu atau dua tingkat berada di atas atau bawahnya, misalnya warna coklat muda dengan coklat tua.

Sebagai catatan, pastikan kombinasi warna yang Anda gunakan memiliki tone yang sama, yaitu warna hangat dengan warna hangat dan warna dingin dengan warna dingin. Pastikan juga kombinasi warna yang digunakan tidak terlalu ramai.

Tambahkan cermin untuk menonjolkan kesan lapang

Penggunaan warna netral yang cerah seperti putih, coklat muda, dan abu-abu muda dapat membantu memantulkan cahaya di dalam ruangan dan membuat ruangan terasa lapang.

Untuk memaksimalkan efek tersebut, Anda bisa menggunakan cermin yang dipasang pada ruangan. Pilihlah cermin dengan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan selera dan tema interior ruangan.

Hadirkan kontras warna

Supaya warna netral tidak membuat ruangan terasa monoton dan datar, coba kombinasikan dengan warna-warna netral yang kontras sebagai aksen.

Misalnya, jika Anda menggunakan warna coklat muda pada dinding, gunakan furnitur dengan warna coklat gelap atau hitam untuk menciptakan kontras dan membantu menyeimbangkan warna di dalam ruangan.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Rumah dengan Konsep Open Space

Hindari warna netral yang kekuningan dan keabu-abuan

Warna netral yang terang seperti putih terkadang memiliki varian dengan warna yang kekuningan atau keabu-abuan.

Variasi warna tersebut boleh-boleh saja dipilih, namun Anda perlu berhati-hati dalam memilih variasi warna yang tepat. Penggunaan warna putih yang terlalu kekuningan atau keabu-abuan dapat memberi kesan kotor yang tidak enak dilihat.

Seimbangkan dengan tekstur

Selain menggunakan kombinasi warna yang kontras, salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menghindari kesan monoton di ruangan berwarna netral adalah dengan menambahkan tekstur-tekstur tertentu melalui furnitur dan dekorasi ruangan.

Contohnya, Anda bisa memilih dekorasi dengan finishing metalik yang hangat, furnitur dan lantai kayu, serta karpet dan bantal dengan tekstur yang lembut.

Padukan dengan furnitur dan dekorasi sederhana

Warna netral memang dapat dipadukan dengan gaya interior apa saja, mulai dari gaya vintage yang antik hingga industrial yang bold.

Namun, untuk memberi kesan elegan dan minimalis di dalam ruangan, Anda bisa memadukan warna netral dengan furnitur dan dekorasi yang sederhana dan minimalis. Perpaduan warna netral dan furnitur sederhana pun akan menghasilkan tampilan ruangan yang timeless dan tidak mudah ketinggalan zaman.

Selanjutnya: 7 Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Cantik dan Elegan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News