HOME, Bugar

Tidak Sulit! Inilah 4 Cara Mengatasi Jerawat Hormonal

Tidak Sulit! Inilah 4 Cara Mengatasi Jerawat Hormonal

MOMSMONEY.ID - Jerawat hormonal biasanya sering dialami oleh remaja hingga usia 20-an. Jerawat hormonal disebabkan oleh masalah kulit yang dipicu oleh kerja hormon dan menyebabkan produksi sebum berlebih. Namun, masalah tersebut masih bisa diatasi dengan cara mudah. Melansir dari natur-e.co.id, ada beberapa cara mengatasi jerawat hormonal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Batasi Konsumsi Olahan Susu

Cara mengatasi jerawat hormonal pertama dengan membatasi konsumsi olahan susu. Olahan susu memiliki rasa enak dan menjadi sumber nutrisi yang sehat. Namun, hal tersebut malah memperburuk jerawat hormonal. Terlalu banyak konsumsi olahan susu yang menggandung artificial hormones, apalagi ditambah dengan kandungan gula yang tinggi, dapat memicu munculnya jerawat.

Menurut Journal of Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, jenis bahan olahan susu bisa merangsang produksi hormon dan memicu kulit lebih berminyak. Untuk mengurangi risiko timbulnya jerawat, sebaiknya batasi konsumsinya selama kurang lebih 6 minggu hingga masalah kulit mereda.

2. Berjemur Pagi Hari

Selanjutnya, berjemur di pagi hari dapat mengatasi jerawat hormonal juga. Anda tidak perlu berjemur terlalu lama, cukup 15 menit untuk asupan kandungan vitamin D alami yang mengendalikan produksi sebum di wajah. Sehingga, risiko munculnya jerawat dari kombinasi sebum dan bakteri pun bisa dicegah.

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Bertekstur Menjadi Halus Kembali

Skincare remaja

3. Mengonsumsi Sayur dan Buah 

Cara mengatasi jerawat hormonal selanjutnya dengan mengonsumsi sayur dan buah. Mengonsumsi sayur dan buah memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh termasuk juga kulit. Makanan tinggi antioksidan ini membantu mengurangi peradangan dan membantu menyamarkan bekas jerawat.

Pilih sayuran berwarna hijau yang mengandung nutrisi baik untuk kulit, juga sayuran berwarna kuning dan oranye seperti paprika dan wortel. Selan itu, Anda juga bisa mengantikan cemilan yang mengandung tinggi karbohidrat, gula, dan lemak menjadi biji-bijian seperti biji bunga matahari, flax seeds, hingga pumpkin seeds.

Kandungan mikronutrisi ini dipercaya mampu menyeimbangkan hormon sehingga dapat mencegah munculnya jerawat hormonal dan kulit terasa halus. Namun, setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter dan lakukan pengamatan pada pola makan Anda untuk mengetahui mana yang terbaik.

4. Perhatikan Kandungan Skincare dan Sesuaikan Jenis Kulit

Cara mengatasi jerawat hormonal lainnya adalah perhatikan kandungan skincare dan sesuaikan jenis kulit Anda. Produk skincare juga tidak kalah penting, Anda perlu memperhatikan kandungan di dalamnya agar tidak memunculkan masalah baru pada kulit. Selain itu, Anda juga harus tahu jenis kulit yang dimiliki sehingga memudahkan Anda menentukan produk skincare yang akan digunakan. 

Selanjutnya: Gunakan Pelembab, 6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News