HOME, Bugar

Gunakan Pelembab, 6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam

Gunakan Pelembab, 6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam

MOMSMONEY.ID - Kulit wajah kering dan kusam bisa menggangu penampilan Anda saat beraktivitas sehari-hari. Melansir dari senka.id, penyebab munculnya kulit kering dan kusam yaitu faktor genetik atau turunan dari orang tua, faktor lingkungan akibat cuaca yang terlalu panas/dingin, penggunaan facial foam yang tidak sesuai, kurang istirahat dan paparan sinar matahari berlebih. 

Namun, masalah tersebut masih bisa Anda atasi asalkan perawatannya teratur dan konsisten. Berikut enam cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam yang dilansir dari halaman senka.id, yaitu:

1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi kulit kering dan kusam pertama adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat tidak hanya baik untuk kulit saja, tetapi untuk kesehatan tubuh juga.

Anda bisa mengonsumsi makanan bergizii, olahraga teratur dan minum air putih 8 gelas perhari. Meskipun terdengar sepele, merawat kulit agar tetap sehat dan lembab harus dilakukan dari dalam juga. 

2. Tidur yang Cukup

Selanjutnya, tidur yang cukup juga dapat memperbaiki dan meregenerasi kulit Anda. Memiliki waktu tidur berkualitas selama 7-9 jam perhari bisa menstabilkan hormon stress agar kelenjar minyak bawah kulit tidak berproduksi secara berlebihan dan melancarkan aliran darah sehingga produksi kolagen dapat bekerja lebih baik. Tentunya, kulit wajah akan cerah dan lembap serta kenyal saat bangun tidur. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Berakibat Buruk untuk Kesehatan Ginjal

3. Perlakukan Wajah dengan Lembut

Cara mengatasi kulit kering dan kusam selanjutnya dengan merawat wajah dengan lembut. Baik saat Anda memilih produk skincare dan cara mengaplikasikan ke wajah.

Pilihlah produk skincare khususnya face wash yang berbahan alami dan memiliki tekstur yang lembut sehingga kulit menjadi bersih dan lembap alami yang bisa  Anda sesuaikan dengan jenis kulit wajah. Selanjutnya, gosok dan pijat lembut wajah Anda saat akan menggunakan produk skincare ke wajah. 

4. Gunakan Sunscreen

Jangan lupa menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas pagi hari. Menggunakan sunscren berfungsi untuk membuat kulit sehat, lembab dan cerah.

Jika Anda beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan sunscreen, sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari dapat memberikan dampak buruk bagi kulit. Sehingga menyebabkan kulit kering, munculnya sunspot, kulit terbakar, penuaan dini, hingga risiko terkena kanker kulit yang meningkat. 

5. Gunakan Pelembab

Selain sunscreen, pelembab juga harus digunakan setiap hari. Pelembab berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, melembutkan dan menghaluskan kulit, hingga mencerahkan kulit wajah. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

6. Gunakan Sheet Mask 

Cara mengatasi kulit kering dan kusam lainnya yaitu dengan menggunakan sheet mask. Gunakan sheet mask setelah Anda mencuci muka dan lakukan perawatan ini setiap 2x seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Jadi, bisakah Anda melakukannya, moms?

Selanjutnya: Selain Gula, 4 Bahan Alami untuk Membuat Scrub Wajah dan Tubuh di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News