HOME, Bugar

Tidak Hanya Enak, Inilah Manfaat Kolang Kaling untuk Kulit

Tidak Hanya Enak, Inilah Manfaat Kolang Kaling untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Kolang kaling biasanya ditemukan pada makanan yang segar seperti es campur, es buah, maupun kolak. Namun dibalik rasanya yang enak, kolang kaling juga dapat merawat kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Kandungan yang ada di dalam kolang kaling dapat menenangkan dan menghidrasi kulit.

Kolang kaling memang cocok dikonsumsi saat cuaca lagi panas. Nah, agar bisa mengetahui manfaat kolang kaling bagi kulit lebih jauh. Melansir dari gramedia.com, inilah manfaatnya untuk perawatan kulit, yaitu: 

Kolang kaling

1. Menenangkan Kulit dari Iritasi

Manfaat kolang kaling untuk kulit pertama adalah menenangkan kulit dari iritasi. Ciri-ciri kulit yang sedang mengalami iritasi adalah terasa gatal, terlihat lebih kering, bersisik dan kemerahan. Kondisi ini membuat rasa perih bahkan bisa membuat Anda terganggu, sehingga tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ada banyak penyebab munculnya kulit iritasi, seperti hawa panas, bahan pakaian yang tidak cocok, minyak wangi, produk kecantikan, produk bahan karet, sabun cuci tangan, bunga, pembersih rumah, perhiasan, tabir surya, gigitan serangga, makanan yang pedas, dan hal lainnya.

Dengan kolang kaling akan menenangkan kulit Anda yang sedang iritasi. Anda bisa menggunakan kolang kaling pada area yang iritasi. Caranya cukup mudah, yaitu siapkanlah beberapa butir kolang kaling yang sudah bersih. Setelah itu, oleskan kolang kaling ke area kulit yang iritasi.

Kolang kaling adalah buah yang aman untuk kulit sensitif. Minuman yang terbuat dari kolang kaling juga berkhasiat. Minuman kolang kaling memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Radang kulit adalah penyakit yang dapat diatasi oleh kolang kaling. Kolang kaling ini juga aman untuk berbagai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Baca Juga: Suka Yogurt? Ketahui Manfaat Yogurt untuk Kecantikan Kulit

2. Menghidrasi Tubuh

Manfaat kolang kaling untuk kulit selanjutnya yaitu menghidrasi tubuh. Kolang kaling mempunyai banyak kandungan air di dalamnya, Sehingga, kolang kaling bisa menjadi alternatif tubuh untuk mendapatkan hidrasi. Mengonsumsi kolang kaling akan membantu tubuh dalam menambah cairan.

Kolang kaling akan mengisi kembali nutrisi dan mineral yang sudah hilang. Selain itu, kolang kaling juga akan meredakan panas di dalam tubuh. Beragam kandungan mineral dan vitamin yang ada di kolang kaling akan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.

3. Produk Perawatan Alami

Manfaat kolang kaling lainnya adalah dapat digunakan sebagai produk perawatan alami. Anda dapat menggunakan kolang kaling sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. Perawatan kulit tidak hanya dilakukan dari luar kulit saja. Namun, Anda juga harus memberi kulit nutrisi dari dalam.

Nutrisi tersebut dapat didapatkan dari makanan atau minuman. Kolang kaling mengandung vitamin B yang memiliki khasiat baik untuk kulit dan tubuh. Mengonsumsi kolang kaling akan membuat kulit menjadi lebih cantik dan mencerahkan kulit berkat perawatan dari luar maupun dalam kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News