Keluarga

Ternyata Ini Penyebab Boros Tagihan Listrik Saat Menyalakan AC!

Ternyata Ini Penyebab Boros Tagihan Listrik Saat Menyalakan AC!

MOMSMONEY.ID -  Anda bisa boros listrik jika menyalakan AC dengan cara yang salah. Yuk simak kebiasaan apa saja yang bikin listrik boros saat menyalakan AC.

Saat ini hampir semua rumah memiliki AC. Namun tak semua pemilik rumah peduli cara penggunaan AC yang tepat sehingga tagihan listrik boros. 

Mulai dari lokasi peletakan hingga perawatan reguler, jika tak Anda perhatikan bisa jadi Anda melakukan kesalahan yang membuat boros listrik. 

Melansir Bob Vila, berikut kesalahan umum saat menggunakan AC yang bikin tagihan listrik di rumah naik signifikan

Baca Juga: Begini Cara Memadukan Gorden dan Karpet, Apakah Warna Harus Sesuai?

1. Meletakan AC langsung terkena sinar matahari

Kesalahan pertama yang tidak Anda sadari saat menggunakan AC dan bikin boros listrik adalah cara peletakannya. AC memang bukan benda yang cukup menarik di suatu ruangan sehingga seringkali pemilik rumah berusaha menyembunyikannya tanpa mempertimbangkan posisi yang tepat.

Saat meletakan AC, sebaiknya hindari unit ini terkena sinar matahari secara langsung. Coba letakan di area yang cukup teduh seperti di sebelah timur atau utara. Sebab jika AC terkena sinar matahari secara langsung maka AC akan bekerja lebih keras dan menyebabkan penggunaan energi listrik yang meningkat. 

2. Tidak menggunakan kipas angin saat menyalakan AC

Kesalahan kedua yang bikin tagihan listrik boros saat menyalakan AC adalah tidak menggunakan kipas angin. Jika memungkinkan, kombinasikan AC dan kipas angin secara bersamaan. 

Semua tipe kipas angin akan membantu AC Anda menyejukan udara di dalam ruangan. Selain itu Anda juga perlu meminimalkan penggunaan exhaust atau kipas angin di dapur dan kamar mandi saat menyalakan AC karena ini akan menghilangkan udara dingin dari rumah Anda. 

3. Membiarkan jendela terbuka saat AC menyala

Tagihan listrik bisa meningkat signifikan saat AC menyala jika Anda membuka jendela di rumah. Membuka jendela dan pintu akan membuat udara lembap masuk ke rumah dan udara dingin keluar. 

Jika ini terjadi, AC akan bekerja ekstra keras untuk mengimbanginya. Sehingga selalu tutup pintu dan jendela saat AC menyala. 

4. Menutup ventilasi AC dengan furnitur yang besar

Banyak orang memasang AC di atas lemarinya. Padahal lokasi yang tepat untuk memasang AC di kamar adalah di dinding yang tidak memiliki benda apapun yang akan mengganggu kerja AC.

Baca Juga: Carport vs Garasi, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Benda yang diletakan di depan AC akan membuat alat pendingin ini bekerja tidak maksimal karena menghalangi aliran udara. Selain itu beberapa AC memiliki sensor mendeteksi gerak untuk mengatur penggunaan energi berdasar gerakan. Dengan adanya benda di depan AC yang menghalangi sensor tersebut, maka ini akan mengganggu sistem hemat energi AC. 

5. Mengabaikan membersihkan filter AC
Kesalahan terakhir yang bikin listrik boros saat menyalakan AC adalah Anda lupa membersihkan atau mengganti filter AC. Filter AC secara signifikan dapat meningkatkan efisiensi  dan menurunkan konsumsi energi sekitar 5-15%. 

Demikian 5 kesalahan yang sering Anda lakukan saat menyalakan AC sehingga membuat tagihan listrik naik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News