Keluarga

Begini Cara Memadukan Gorden dan Karpet, Apakah Warna Harus Sesuai?

Begini Cara Memadukan Gorden dan Karpet, Apakah Warna Harus Sesuai?

MOMSMONEY.ID -  Saat menggunakan gorden atau tirai dan karpet di sebuah ruangan, apakah kedua unsur tersebut harus memiliki warna yang sesuai atau senada? Bagaimana cara memadukan gorden dan karpet?

Gorden atau tirai dan karpet adalah unsur penting di rumah yang memberikan dampak visual yang mudah terlihat. Sehingga Anda perlu melakukan pertimbangan matang untuk memastikan apakah gorden, tirai dan karpet Anda cocok dipadukan dengan elemen lain di ruangan Anda. 

Jika Anda ingin menghindari penampilan yang tidak seimbang, memang sebaiknya Anda memilih gorden atau tirai yang sesuai dengan penampilan karpet. Tapi, bagaimana cara memadukan keduanya supaya cocok di sebuah ruangan? 

Baca Juga: Anda Mengalami Rematik? Coba Konsumsi 5 Makanan untuk Meredakan Rematik

Melansir Rhythm of The Home, menyatukan dua unsur tersebut tidak harus selalu menggunakan warna atau pola yang sama. Namun Anda harus memadukan desain tiap elemen tersebut yang tentu berbeda namun bisa menjadi harmonis. 

1. Buat kombinasi warna yang menyenangkan mata

Walaupun tidak ada peraturan saklek soal memadukan warna, penting bagi Anda menggunakan teori warna untuk memadukan warna karpet dan gorden yang menyenangkan mata. 

Elemen dekorasi seperti tirai atau gorden dan karpet sering dijadikan sebagai aksen warna untuk melengkapi gaya ruangan di atas dominasi warna netral. Jika Anda mengingkan kondisi ini dan ingin menggunakan warna segar yang ceria, sebaiknya gunakan warna komplemen yang saling berlawanan di roda warna. 

Kombinasi warna seperti oranye biru, ungu kuning atau merah hijau bisa memberikan kontras yang pekat pada ruangan tetapi tetap ada stabilitas secara estetika. Namun jka tak ingin ada warna yang semarak, gunakan warna netral. 

Alih-alih membuat gorden menonjol di atas karpet Anda disarankan untuk menjaga agar palet warna tetap terbatas pada warna netral klasik seperti putih, krem dan abu-abu. 

2. Pertimbangkan pola untuk daya tarik visual

Pola dapat digunakan dengan cerdik dalam mendekorasi rumah untuk mencegah ruangan terlalu polos dan satu dimensi. Gorden adalah elemen yang bagus untuk digunakan jika Anda ingin menghadirkan pola di ruangan. 

Ruang tamu hijau dengan karpet dan gorden pola

Nah, gorden biasanya akan menciptakan blok visual yang besar, sehingga disarankan untuk memadukan gorden berpola dengan elemen lainnya di rungan. 

Karpet tidak harus memiliki pola yang sama persis dengan gorden. Namun, Anda bisa mendapatkan tampilan yang kohesif dengan menggunakan pola yang eye-catching yang menawarkan estetika serupa. 

Contohnya, jika Anda menggunakan gorden dengan pola geometris cocokan dengan karpet yang memilikii pola tribal. Keduanya memiliki pola yang serupa yaitu menampilkan garis-garis berbentuk. Atau gunakan warna solid untuk gorden yang sesuai dengan warna pola pada karpet. 

3. Perhatikan tekstur
Gorden dan karpet adalah elemen yang menambahkan tekstur pada ruangan. Sehingga keduanya harus serasi meski warnanya berbenturan. Sehingga Anda boleh tak menggunakan warna yang serasi asalkan tekstur mereka serasi. 

Jika Anda memiliki karbet yang tebal, sangat lembut dan nyaman gunakan gorden yang tebal sehingga ruangan terasa lebih imbang. Keseimbangan juga bisa didapatkan dengan memadukan gorden yang tipis dan ringan dengan karpet yang tipis. 

Baca Juga: 4 Penyebab Bentuk Wajah Tidak Simetris yang Harus Anda Tahu

4. Perhatikan ukuran gorden
Ukuran panel gorden dapat dianggap sebagai detil penting lainnya saat akan mencocokkan dengan karpet. Padukan gorden panjang yang menyentuh lantai dengan karpet yang sangat padat dan halus yang menawarkan keanggunan. 

Tergantung pada gaya yang ingin Anda capai, Moms bisa memilih ukuran gorden tertentu untuk menciptakan perpaduan yang bagus dengan karpet. Contohnya, jika Anda ingin menggunakan karpet warna-warni pilih gorden pendek. Jika ingin nuansa sederhana, padukan karpet kecil dengan gorden pendek. 

Demikian cara memadukan karpet dengan gorden di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News