Santai

Ternyata Ini Beda Manfaat Mencukur dan Waxing! Sudah Tahu Belum?

Ternyata Ini Beda Manfaat Mencukur dan Waxing! Sudah Tahu Belum?

MOMSMONEY.ID - Menghilangkan bulu-bulu halus pada bagian tubuh merupakan hal yang telah umum dilakukan bagi beberapa wanita.

Salah satunya adalah dengan mencukur atau waxing. Mencukur dan menggunakan waxing adalah cara paling umum yang dilakukan wanita untuk menghilangkan bulu pada kulit.

Kedua cara tersebut merupakan cara yang umum dilakukan. Kenali yuk perbedaan mencukur dan waxing berikut ini.

Baca Juga: Apa Itu Ayurveda? Kenali Salah Satu Pengobatan Tradisional Asal India Ini Yuk!

Waxing

Waxing adalah salah satu metode penghilang bulu yang digunakan oleh wanita. Waxing dipilih karena tidak membutuhkan perawatan dan waktu ekstra dibanding dengan mencukur.

Laman Elle menjelaskan bahwa waxing juga dipilih karena memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding dengan mencukur. Bulu dapat kembali tumbuh selama 3-4 minggu setelah proses waxing. Sedangkan jika mencukur tentunya bulu lebih cepat tumbuh.

Namun waxing juga memiliki manfaat buruk bagi kesehatan kulit. Waxing bisa memperburuk kondisi kulit jika Anda memiliki gangguan keratosis pilaris. Selain itu waxing juga lebih rentan terkena iritasi dan kemerahan karena prosesnya.

Panas dari cairan dan proses penarikan bulu-bulu dari kulit juga bisa menyebabkan kulit rusak dan lama kelamaan akan kehilangan elastisitasnya. Infeksi juga rentan terjadi pada kulit yang di waxing karena proses penarikan bulu-bulu pada kulit.

Baca Juga: Kulit Anda Jerawatan? Lakukan 5 Tips Diet untuk Kulit Berjerawat Berikut Ini!

Mencukur

Mencukur merupakan cara termudah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu pada kulit. Cukup dengan menggunakan pisau cukur yang bersih maka kulit bisa terhindar dari bulu-bulu yang mengganggu penampilan.

Mencukur dipilih karena kemudahannya dalam proses serta irit dalam segi biaya. Selain itu, mencukur juga tidak menyebabkan rasa sakit seperti proses waxing. Perawatan lanjutan setelah mencukur hanyalah dengan memberikan pelembab agar kulit tidak kering dan kembali lembab.

Namun mencukur juga bisa menyebabkan iritasi jika Anda menggunakan pisau cukur yang kotor atau tumpul. Rasa gatal setelah mencukur juga bisa dirasakan dan membuat tidak nyaman. Di samping itu, melansir dari laman Health Line, mencukur juga bisa menyebabkan ingrown hair, yang menyebabkan kulit menjadi bertekstur dan tidak halus.

Kedua proses tersebut sama-sama memiliki sisi baik dan buruk. Semuanya tergantung dari kondisi kulit, sensitivitas, dan efisiensi. Jika Anda lebih menyukai mencukur maka gunakan peralatan yang bersih dan aman bagi kulit.

Sedangkan jika Anda lebih memilih waxing, pastikan kulit Anda dalam kondisi yang sehat dan tidak sensitive. Pastikan juga proses waxing yang Anda lakukan aman dan terhindar dari bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News