Santai

Apa Itu Ayurveda? Kenali Salah Satu Pengobatan Tradisional Asal India Ini Yuk!

Apa Itu Ayurveda? Kenali Salah Satu Pengobatan Tradisional Asal India Ini Yuk!

MOMSMONEY.ID - Beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan istilah ayurveda. Namun, tak banyak yang mengetahui apa itu sebenarnya ayurveda.

Lalu apakah ayurveda itu? Ayurveda sendiri merupakan sebuah sistem pengobatan tradisional yang berasal dari India. Sistem penyembuhan ini sendiri telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Secara konsep teori, ayurveda mempercayai bahwa manusia terdiri dari kombinasi lima elemen dalam tubuhnya. Yaitu udara, air, api, bumi, dan ruang yang dibentuk menjadi energi pada tubuh manusia.

Baca Juga: Kulit Anda Jerawatan? Lakukan 5 Tips Diet untuk Kulit Berjerawat Berikut Ini!

Melansir dari laman Very Well Health, ayurveda berfokus pada mengembalikan keseimbangan di dalam tubuh. Caranya adalah melalui cara personal seperti pijatan, diet khusus, penggunaan rempah, aromaterapi, dan juga olahraga.

Pengobatan ayurveda ini juga didasarkan pada kepercayaan bahwa kesehatan dipengaruhi oleh keseimbangan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Sehingga tujuannya dari pengobatan ini adalah untuk mendukung kesehatan yang baik dan bukan untuk melawan penyakit. Walau begitu beberapa treatment ayurveda ternyata juga bisa mengurangi gejala penyakit tanpa disadari.

Pada umumnya, ayurveda ini dilakukan oleh ahli yang telah memiliki sertifikasi ayurveda. Melansir dari laman Web MD, untuk melakukan treatment pengobatan ini, nantinya ahli ayurveda akan memberikan pertanyaan terlebih dahulu mengenai kesehatan, pola makan, dan gaya hidup.

Baca Juga: Yuk Coba Lakukan 5 Tips Ini Untuk Atasi Payudara Bengkak!

Tujuannya adalah untuk menemukan treatment ayurveda yang tepat untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Treatment atau pengobatan yang diberikan pun juga bisa saja berbeda dengan treatment orang lain. Sebab treatment ayurveda ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Treatment yang dilakukan pun kebanyakan akan berpusat pada diet atau pola makan, detoks, pengobatan herbal, yoga/meditasi/olahraga, pijatan, dan juga penggunaan teh herbal.

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan ahli maupun dokter sebelum melakukan treatment ayurveda ini, terutama jika sedang dalam masa pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News