Santai

Yuk Coba Lakukan 5 Tips Ini Untuk Atasi Payudara Bengkak!

Yuk Coba Lakukan 5 Tips Ini Untuk Atasi Payudara Bengkak!

MOMSMONEY.ID - Bagi perempuan, mengalami payudara bengkak merupakan hal yang umum dirasakan. Terutama saat menjelang masa menstruasi.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab payudara bengkak. Salah satunya adalah karena perubahan hormon pada tubuh menjelang menstruasi.

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani payudara yang bengkak pada perempuan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Vagina Kering! Cari Tahu Yuk!

Pijatan ringan

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi payudara bengkak adalah dengan melakukan pijatan ringan pada area payudara.

Pijatan ringan pada payudara bisa membantu untuk melancarkan kembali aliran darah pada payudara. Lakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar dimulai dari area tengah dan kemudian menuju ke area sekitar ketiak.

Minyak evening primrose

Menggunakan minyak evening primrose untuk memijat dipercaya bisa membantu untuk mengatasi payudara bengkak pada perempuan. Laman Be Body Wise menjelaskan bahwa ketidak seimbangan fatty acid pada tubuh bisa menjadi penyebab payudara bengkak.

Sehingga dengan mengoleskan minyak evening primrose yang mengandung fatty acid bisa menjadi salah satu cara untuk menyeimbangkan dan mengatasi payudara bengkak.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memperlancar Siklus Haid? Ini 4 Cara Alami yang Bisa Dicoba!

Kompresan hangat atau dingin

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi payudara bengkak adalah dengan menggunakan kompres hangat atau dingin pada area payudara yang bengkak.

Cara ini bisa membantu untuk mengurangi bengkak dan juga rasa sakit yang mungkin terjadi pada area payudara. Kompres bagian payudara yang sakit atau bengkak dengan kompresan hangat atau dingin selama kurang lebih 10 menit saja. Pastikan kompresan tersebut tidak terlalu panas atau dingin agar tidak merusak kulit.

Gunakan bra

Menggunakan bra yang tepat juga menjadi satu cara untuk mengatasi payudara bengkak. Pastikan untuk menggunakan bra yang mendukung aktivitas sehari-hari dan menahan payudara agar tidak mengalami banyak guncangan.

Sebab payudara yang mendapatkan dukungan dari bra dengan ukuran yang benar dapat membuat payudara tetap berada pada posisinya. Sehingga rasa sakit pun juga tidak menjadi makin buruk

Konsumsi vitamin dan suplemen

Laman Health Line menyarankan agar mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium ketika mengalami payudara bengkak. Suplemen ini banyak mengandung vitamin D yang bisa membantu memperkuat tulang maupun meningkatkan imunitas.

Selain itu, penggunaan pereda sakit seperti ibuprofen maupun paracetamol juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri atau rasa sakit pada payudara yang bengkak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News