Santai

Ternyata, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Fokus dan Konsentrasi Menurun

Ternyata, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Fokus dan Konsentrasi Menurun

MOMSMONEY.ID - Jarang disadari, ini, lo, penyebab konsentrasi dan fokus bisa berkurang pada seseorang.

Fokus dan konsentrasi merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia untuk bisa melakukan aktivitas sehari-harinya.

Namun, tak setiap saat fokus dan konsentrasi bisa terjaga dengan stabil. Ada beberapa hal yang membuat tingkat fokus seseorang menjadi berkurang.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa seseorang tidak bisa konsentrasi dan yang menyebabkan fokus berkurang.

Baca Juga: Mulai Terapkan, 6 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Bikin Makin Pintar

Terlalu banyak menyantap makanan manis

Laman Webmd menyebutkan, makanan manis bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang membuat energi menjadi menurun. Akhirnya, tubuh menjadi lemas dan kehilangan fokus.

Tak hanya makanan manis yang membuat tubuh menjadi lemas dan konsentrasi berkurang. Makanan berlemak pun juga bisa menjadi penyebab seorang kehilangan konsentrasinya. Sebab, lemak dapat mengakibatkan inflamasi yang berpengaruh ke otak.

Terlalu banyak bekerja

Pekerjaan yang overload atau berlebihan ternyata bisa membuat seseorang menjadi kehilangan konsentrasinya. Melansir dari laman Wise Bread, pekerjaan menumpuk dan keinginan untuk menyelesaikan semua pekerjaan secara langsung merupakan hal yang tidak efisien.

Hal-hal tersebut malah akan berpengaruh terhadap fokus yang dimiliki seseorang. Terlalu banyak bekerja bisa menyebabkan otak menjadi dipaksa bekerja keras dan lelah. Akhirnya fokus pun menjadi berkurang.

Baca Juga: Sedang Berlangsung, Ini Penjelasan Singkat Mercury Retrograde di Astrologi

Kurang tidur

Kurang tidur atau istirahat menjadi salah satu penyebab umum yang membuat seseorang kehilangan konsentrasi. Untuk bisa fokus dan memiliki perhatian penuh pada sebuah hal, membutuhkan kerja otak yang tinggi.

Sehingga, kurangnya istirahat bisa mempengaruhi fokus dan mengganggu konsentrasi. Maka akan lebih baik untuk mempertahankan istirahat cukup untuk mengistirahatkan sel sel otak dan me-recharge kembali sel-selnya.

Kurang olahraga

Olahraga yang kurang dapat membuat seseorang mudah kehilangan konsentrasi juga. Olahraga merupakan aktivitas yang bisa membantu untuk meningkatkan hormon, mengurangi stres dan cemas, serta membantu pertumbuhan sel otak.

Semua hal tersebut merupakan hal yang berpengaruh pada kerja otak yang memengaruhi fokus dan konsentrasi. Sehingga, melakukan olahraga ringan ketika tidak bisa berkonsentrasi bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari kehilangan fokus.

Itulah tadi penyebab konsentrasi dan fokus bisa menurun pada seseorang. Jarang disadari, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News