Keluarga

Terkenal dengan Bulunya, Ini Fakta Menarik Seputar Kucing Siam!

Terkenal dengan Bulunya, Ini Fakta Menarik Seputar Kucing Siam!

MOMSMONEY.ID - Beberapa jenis atau ras kucing dikenal memiliki warna atau corak bulu yang sangat khas, sehingga sangat mudah dikenali.

Salah satunya adalah kucing Siam, yang terkenal dengan bulu dengan warna yang menggelap di bagian wajah dan kaki-kakinya. Perpaduan warnanya membuat kucing Siam terlihat lucu dan menggemaskan.

Nah, jika Anda tertarik untuk memelihara kucing Siam di rumah, jangan hanya berfokus pada keunikan warna bulunya saja. Sebab, kucing ini memiliki beberapa fakta yang membuatnya makin menarik untuk dipelihara.

Jadi, apa saja fakta-fakta mengenai kucing Siam? Dikutip dari The Spruce Pets, Hill’s Pet, dan Rover.com, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Ras Kucing yang Aktif, Cocok Jadi Teman Bermain di Rumah!

Berasal dari Thailand

Kucing Siam awalnya berasal dari Thailand, dan diketahui sudah ada sejak abad ke-14. Kucing ini memiliki nama Siam, yang merupakan nama negara Thailand di masa lalu.

Pada zaman dahulu, kucing Siam banyak disukai oleh keluarga kerajaan Thailand karena penampilannya yang unik. Bahkan, anggota keluarga kerajaan Thailand percaya jiwa kucing Siam yang sudah mati akan terus hidup di dalam kuil dan dimanjakan oleh para biksu. Menarik, ya?

Punya tampilan unik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu ciri kucing Siam yang sangat khas adalah warna bulunya yang menggelap di bagian wajah, kaki, dan ekornya. Sementara itu, sisa tubuhnya yang lain berwarna jauh lebih terang.

Selain warna tubuhnya yang unik, kucing Siam dikenal memiliki mata berwarna biru terang dan tubuh yang panjang dan langsing. Kombinasi antara bentuk tubuh, warna bulu, dan warna mata yang tidak biasa membuat kucing Siam terlihat cantik.

Baca Juga: Apa Saja Fungsi Ekor Kucing? Simak Penjelasannya di Sini!

Penyayang dan suka bersosialisasi

Kucing Siam termasuk jenis kucing yang affectionate atau penyayang. Artinya, mereka akan sangat menempel pada pemiliknya dan suka mengikuti si pemilik kesana-kemari.

Tak hanya bersosialisasi dengan manusia, kucing Siam juga suka bersosialisasi dengan kucing lain. Jadi, jangan biarkan kucing Siam sendirian di rumah terlalu lama tanpa berinteraksi dengan siapapun.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Pada Kucing Peliharaan

Suka mengeong

Dibandingkan dengan jenis kucing lainnya, kucing Siam termasuk jenis kucing yang cerewet dan suka mengeong. Suaranya pun rendah dan keras, sehingga mudah dikenali.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kucing Siam, bersiaplah untuk “diganggu” si kucing saat ingin makan, bermain, dan lain-lain. Bagi rumah yang sepi, keberadaan kucing Siam tentu bisa menyenangkan.

Dulunya memiliki mata juling dan ekor bengkok

Dulu, kucing Siam memiliki ciri berupa mata yang juling dan ekor yang bengkok. Kedua ciri ini sebenarnya termasuk mutasi genetik yang merugikan mereka.

Namun, saat ini kebanyakan kucing Siam memiliki mata yang normal dengan ekor lurus, berkat hasil persilangan yang teliti sehingga kedua ciri tersebut bisa dihilangkan.

Itulah beberapa fakta menarik seputar kucing Siam. Bagaimana, tertarik memelihara jenis kucing yang satu ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News