Keluarga

4 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Pada Kucing Peliharaan

4 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Pada Kucing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan kucing peliharaan wajib dilakukan oleh setiap pemilik kucing. Sebab, sama seperti manusia, kucing juga merupakan makhluk hidup yang bisa mengalami berbagai masalah kesehatan.

Berbicara soal masalah kesehatan, salah satu masalah yang kerap dialami oleh kucing adalah keberadaan kutu. Tak hanya membuat kucing merasa gatal, kutu bahkan bisa menyebabkan kulit mengelupas hingga anemia, lo.

Oleh karena itu, jika si kucing peliharaan sudah telanjur memiliki kutu, Anda harus telaten merawatnya supaya kutu-kutu tersebut hilang. Dikutip dari My Pet and I, Petco, dan WebMD Pets, berikut beberapa cara untuk membasmi kutu dari kucing.

Gunakan perawatan khusus

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan kutu pada kucing dengan memberikan perawatan khusus melalui konsultasi dokter hewan.

Misalnya, ada dokter yang akan memberikan obat suntik, obat tetes, hingga obat minum untuk membantu membasmi kutu pada kucing. Pemberian obat ini harus dilakukan secara rutin supaya si kucing bersih dengan sempurna.

Baca Juga: Punya Wajah Unik, Ini Serba-Serbi Kucing Persia yang Wajib Diketahui!

Sebagai pelengkap, Anda bisa menggunakan sisir kutu khusus kucing dengan gigi-gigi yang rapat. Sisir ini akan membantu “menyaring” kutu, telur, dan kotorannya dari bulu kucing, sehingga bulu si kucing akan lebih bersih.

Jaga kucing supaya tetap di rumah

Kutu yang hinggap dan berkembang biak pada kucing bisa ditularkan dari mana saja. Namun, salah satu penyebab utamanya terkadang hadir dari luar rumah, misalnya melalui kucing liar.

Jadi, supaya masalah kutu pada kucing tidak bertambah parah, sebaiknya jaga kucing peliharaan Anda sehingga selalu berada di dalam rumah.

Namun, jika Anda ingin sesekali membawa kucing bermain di luar rumah (misalnya pekarangan), pastikan area tersebut aman bagi si kucing.

Baca Juga: Mengenal Ras Kucing yang Aktif, Cocok Jadi Teman Bermain di Rumah!

Bersihkan tempat tidurnya

Untuk membantu mengurangi kutu pada kucing, Anda bisa membersihkan tempat-tempat yang biasa ditiduri kucing. Sebagai tambahan, cobalah untuk mencuci bantal, selimut, hingga kain yang kerap dijadikan tempat tidur oleh si kucing.

Pastikan Anda mencucinya dengan air hangat (atau air panas) untuk membantu membunuh telur dan kutu yang mungkin menempel, lalu jemur di bawah sinar matahari langsung.

Gunakan vacuum cleaner di seluruh rumah

Terakhir, bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyingkirkan kutu dan telur-telurnya yang mungkin masih menempel di sekeliling rumah Anda.

Ada beberapa bagian rumah yang bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner, misalnya kasur, sofa, karpet, dan benda dengan permukaan empuk lainnya.

Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan pojok ruangan dan sela-sela furnitur untuk membasmi kutu yang senang bersembunyi di sana.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan kutu pada kucing. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News