HOME, Bugar

Tanpa Disadari! Inilah 5 Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini Pada Wajah

Tanpa Disadari! Inilah 5 Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini Pada Wajah

MOMSMONEY.ID - Tanda disadari, kebiasan yang Anda lakukan setiap harinya bisa memicu penuaan dini. Selain paparan polusi dan sinar matahari, ada beberapa kebiasan yang bisa mempercepat penuaan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengatur kebiasan tersebut ke arah yang lebih baik. Apa saja kebiasan yang memicu penuaan dini di wajah? Melansir dari natur-e.co.id, inilah lima kebiasaan yang memicu penuaan dini, yaitu:

1.  Pola Makan yang Tidak Sehat

Kebiasaan yang memicu penuaan dini pertama adalah pola makan yang tidak sehat. Makanan yang selalu Anda konsumsi akan memberikan efek kepada tubuh khususnya pada kulit. Mulai atur dan kurangi makanan yang tinggi kandungan lemak, garam, gula maupun gorengan.

Makanan tersebut tidak hanya menyebabkan berat badan jadi naik tetapi juga tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kusam dan kerutan halus bisa muncul. Ada baiknya, Anda mengonsumsi makanan yang mengenyangkan tapi tetap penuh nutrisi baik bagi kulit.

Mulai perbanyak mengonsumsi buah dan sayur aneka warna, serat, atau protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan atau dada ayam tanpa lemak.

2. Jarang Olahraga

Selain membuat mood Anda bahagia, olahraga memberikan manfaat yang baik untuk kulit. Jarang olahraga terutama di pagi hari bisa membuat kulit Anda terlihat kusam dan lesu. Olahraga juga bisa meningkatkan kelembapan kulit dan mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, mulai biasakan berolahraga ringan selama 20 menit setiap hari. 

Baca Juga: Resep Dalgona Candy ala Squid Game

3. Selalu Menggunakan Gadget 

Kebiasaan ini pasti selalu dilakukan oleh banyak orang yaitu menggunakan gadget di setiap waktu. Paparan blue light dari layar ponsel, laptop atau TV bukan hanya memicu kerusakan mata, tetapi juga kulit.

Menurut Shari Marchbein, dermatologis dari New York University School of Medicine, blue light dapat memicu bintik-bintik coklat pada kulit dan hiperpigmentasi. Selain itu, cahaya berenergi tinggi ini juga dapat menyebabkan kerusakan kolagen yang berujung munculnya kerutan.

Selain membatasi penggunaan gadget, gunakan perawatan kulit yang mengandung SPF dan antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit.

4. Paparan Panas Saat Memasak di Dapur

Kebiasaan yang memicu penuaan dini selanjutnya adalah paparan panas saat memasak di dapur. Ternyata hal tersebut bisa memicu kulit kusam, kering dan muncul kerutan halus. Namun bukan berarti Anda harus berhenti memasak di dapur, ya.

Lakukan tindakan pencegahan dengan memastikan sirkulasi udara yang lancar di dapur hingga mengaplikasikan pelembap yang ringan sekaligus mengandung UV. Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk membersihkan wajah dan kembali mengoleskan pelembap.

5. Tidak Melindungi Kulit dari Polusi dan Sinar UV

Selain paparan panas saat memasak, paparan polusi dan sinar UV juga harus terlindungi. Sinar UV dan polusi dapat mempercepat hiperpigmentasi, flek hitam, kusam hingga kerutan halus pada kulit wajah.

Oleh karena itu, selalu gunakan sunscreen atau pelembab yang mengandung SPF untuk menjaga kulit dari radikal bebas dan efek buruk sinar matahari.

Selanjutnya: 5 Cara Menggunakan Skincare Agar Hasilnya Cepat Meresap dan Maksimal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News