HOME, Bugar

5 Cara Menggunakan Skincare Agar Hasilnya Cepat Meresap dan Maksimal

5 Cara Menggunakan Skincare Agar Hasilnya Cepat Meresap dan Maksimal

MOMSMONEY.ID - Memiliki kulit cerah, lembab dan glowing adalah impian banyak wanita. Saat ini, penggunaan produk skincare makin banyak diminati dan terdapat berbagai macam produk skincare yang bisa Anda gunakan. Namun, jika Anda masih belum benar menggunakan produk skincare maka hasilnya tidak akan maksimal. 

Melansir dari loreal-paris.co.id, ada beberapa cara menggunakan skincare agar hasilnya cepat meresap dan maksimal. Cara ini bisa Anda coba lakukan di rumah, ada apa saja ya? Yuk, cari tahu di bawah ini: 

1. Cleanser

Mencuci muka

Cara menggunakan skincare pertama adalah melakukan double clansing agar wajah bersih sempurna. Pertama, gunakan cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water yang sesuai jenis kulit Anda. Langkah pertama ini berfungsi untuk mengangkat sisa makeup, kotoran, minyak, atau sunblock yang melekat di wajah

Langkah selanjutnya adalah membersihkan kulit wajah Anda dengan menggunakan face wash. Saat membersihkan wajah, pijat seluruh area wajah serta leher selama kira-kira satu menit. Setelah itu, bilas dengan air bersuhu ruang dan keringkan dengan handuk khusus wajah. 

2. Toner

Menggunakan micellar water

Selanjutnya, cara menggunakan skincare agar cepat meresap dan maksimal adalah menggunakan toner. Toner berfungsi untuk menyeimbangkan kadar pH kulit dan melembapkan kembali kulit setelah mencuci wajah.

Cara menggunakan toner yang benar adalah dengan menuangkan 1-2 tetes toner ke tangan, ratakan, lalu tepuk-tepuk ke kulit wajah agar cepat meresap. Anda juga dapat menuangkan toner ke kapas, lalu usapkan lembut ke kulit wajah.

Baca Juga: 5 Bahan dalam Produk Makeup dan Skincare yang Harus Dihindari, Bisa Sebabkan Kanker!

3. Essence 

Wardah renew you essence

Selanjutnya, tahap produk skincare yang Anda gunakan yaitu Essence. Cara menggunakan skincare dilanjutkan dengan essence untuk mengatasi masalah kulit.

Walau mirip dengan toner, namun essence mampu menyerap masuk sampai ke lapisan kulit dan bekerja merawat kulit dari dalam. Essence juga membantu mempersiapkan kulit wajah Anda untuk menerima perawatan berikutnya.

4. Serum

Serum Wajah

Cara menggunakan skincare dilanjutkan lagi dengan serum. Pilihlah serum yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit, seperti hiperpigmentasi dan tanda-tanda penuaan.

Cara menggunakan essence dan serum hampir sama, yaitu dituang beberapa tetes ke telapak tangan, ratakan, lalu ditepuk-tepuk lembut ke kulit agar meresap sempurna. Sebaiknya, gunakan serum pada malam hari.

5. Pelembab

Skincare

Yang terakhir gunakan pelembab, pelembab berfungsi untuk mengunci kelembapan dan berbagai nutrisi dari essence dan serum di kulit wajah. Pilihlah produk pelembab yang paling sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda.

Pelembab digunakan pada pagi dan malam hari karena kedua pelembab tersebut memiliki kandungan yang berbeda-beda. Pada pelembab pagi biasanya ditambahkan dengan sunscreen dan vitamin untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan polusi. 

Sementara itu, pada pelembap malam mengandung berbagai bahan aktif yang membantu proses regenerasi kulit saat tidur. Saat Anda sudah menggunakan serum, beri jeda lima menit sebelum mengoleskan pelembap malam ke wajah.

Selanjutnya: Hindari Eksfoliasi Terlalu Sering, Pahami 5 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News