HOME, Santai

Takut Menghadapi Hari Senin? Bisa Jadi Alami Monday Blues! Ini Cara Mengatasinya

Takut Menghadapi Hari Senin? Bisa Jadi Alami Monday Blues! Ini Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Istilah Monday Blues pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para pekerja. Istilah ini memiliki arti dan konotasi yang buruk pada hari Senin.

Seperti yang dilansir dari laman Merriam Webster, Monday blues adalah definisi hari Senin yang melelahkan dan membuat depresi lantaran merupakan hari dimana aktivitas bekerja kembali berlangsung setelah weekend.

Baca Juga: Hati-Hati, Biasanya Pria Lebih Rentan Mengalami Peter Pan Syndrome

Emosi negatif ini biasanya muncul dan dirasakan banyak pekerja yang merasa tidak nyaman dengan aktivitasnya yang dirasakan di awal minggu.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melawan Monday Blues.

Mengidentifikasi permasalahan

Sebelum menyalahkan pekerjaan, ada baiknya untuk mengidentifikasi dimana akar permasalahan sehingaa Anda merasa membenci hari Senin.

Laman Forbes menjelaskan, bahwa permasalahan bisa saja muncul dari rekan kerja maupun diri sendiri. Sehingga introspeksi dan mencari akar permasalahan sangat disarankan agar bisa melawan Monday blues.

Membuat aktivitas ringan 

Perasaan emosi negatif ini bisa juga disebabkan karena pikiran akan beban pekerjaan di hari Senin yang merupakan hari tersibuk dalam seminggu.

Baca Juga: Mengenal Duck Syndrome yang Rawan Terjadi pada Mahasiswa dan Pekerja Baru

Untuk terhindar dari perasaan Monday blues, ada baiknya untuk membuat jadwal yang ringan dilakukan di hari Senin. Anda bisa merencanakan meeting besar di hari lain selain Senin agar energi tidak terkuras untuk memikirkan aktivitas di hari Senin.

Jauhkan diri dari pekerjaan saat weekend

Weekend merupakan waktu yang tepat untuk beristirahat. Laman Health Line menjelaskan, bahwa penting untuk membuat batasan antara weekend dan weekdays. 

Usahakan untuk menjauhi segala bentuk pekerjaan di hari libur agar memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Sehingga bisa kembali sehat dan siap menghadapi hari Senin.

Atur pola tidur

Pola tidur yang kurang baik bisa menyebabkan tubuh kurang mendapatkan istirahat. Pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang sama atau tidak lebih dari dua jam atau lebih dari jadwal saat weekend.

Jangka waktu 7-9 jam tidur direkomendasikan oleh laman Health Line agar dapat terhindar dari perasaan cemas, depresi, dan emosi negatif lainnya yang mungkin terjadi karena perbedaan waktu tidur yang terlalu jauh saat weekend dan weekdays.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News