Keluarga

Tak Perlu Kewalahan, Ini Tips Merapikan Rumah Sebelum Pindahan

Tak Perlu Kewalahan, Ini Tips Merapikan Rumah Sebelum Pindahan

MOMSMONEY.ID - Saat akan pindah rumah, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah merapikan barang-barang yang ada di rumah supaya nantinya mudah dipindah dan ditata di rumah baru.

Jika rumah Anda penuh dengan berbagai barang, merapikan rumah sebelum pindahan kadang bisa terasa melelahkan dan membuat kewalahan. Oleh karena itu, perlu beberapa trik untuk membuat proses merapikan rumah menjadi lebih ringan.

Jadi, apa saja yang bisa dilakukan saat merapikan rumah sebelum pindahan? Dirangkum dari laman S&M Moving, Moving.com, dan Plan Your Move, berikut beberapa tipsnya:

Bagi per kategori barang

Pertama, rapikan barang-barang yang ada di rumah Anda menurut kategorinya. Misalnya, jika di rumah ada berbagai baju yang tersebar di seluruh rumah, kumpulkan semua baju di satu tempat dan susun dengan rapi di suatu wadah atau kotak sebelum merapikan barang lainnya.

Dengan cara ini, Anda bisa melacak barang apa saja yang sudah dirapikan. Jika ada barang yang ketinggalan, tinggal letakkan di wadah yang berisi barang dengan kategori yang sama.

Baca Juga: Mau Pakai Lantai Marmer di Rumah? Pahami Plus dan Minusnya, Yuk!

Singkirkan barang tidak terpakai

Manfaatkan momen pindahan ini untuk menyingkirkan barang-barang yang sudah tak terpakai. Jadi, barang bawaan saat pindah rumah akan terasa lebih ringan.

Untuk membantu Anda menyortir barang dengan lebih mudah, coba gunakan metode Konmari dari Marie Kondo, ahli beberes rumah asal Jepang.

Menurut metode ini, sortir barang satu per satu sambil menanyakan pada diri sendiri, apakah barang tersebut “spark joy” atau menimbulkan kebahagiaan. Jika tidak, singkirkan. Cara ini akan membuat Anda hanya menyisakan barang-barang yang disukai saja.

Baca Juga: Sebelum Ngekos, Siapkan 7 Peralatan Anak Kos yang Wajib Bawa Ini Ya!

Hati-hati dengan barang pecah belah

Salah satu “kecelakaan” yang sering terjadi saat pindahan adalah benda-benda yang pecah atau rusak saat proses pindahan.

Untuk menghindarinya, hati-hati saat mengepak berbagai barang pecah belah, ditambah barang-barang lainnya yang rentan rusak seperti perangkat elektronik.

Anda bisa menggunakan pelapis berupa bubble wrap atau barang lain yang bisa melindungi barang pecah belah dari benturan selama proses pindahan.

Habiskan sisa makanan di kulkas

Ketika akan pindahan, jangan lupa untuk menyortir berbagai bahan makanan yang ada di dapur atau kulkas.

Supaya memudahkan proses pindahan, Anda bisa menghabiskan bahan makanan yang sudah mendekati masa kadaluarsa atau buang bahan makanan yang sudah tidak terpakai.

Jadi, barang bawaan saat pindahan nanti akan terasa makin ringan karena tak perlu membawa berbagai bahan makanan.

Itulah beberapa tips untuk merapikan rumah sebelum pindahan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News