Keluarga

Mau Pakai Lantai Marmer di Rumah? Pahami Plus dan Minusnya, Yuk!

Mau Pakai Lantai Marmer di Rumah? Pahami Plus dan Minusnya, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Marmer merupakan salah satu material bangunan yang banyak digunakan untuk lantai rumah dan bisa ditemukan pada berbagai tempat, mulai dari dinding hingga lantai.

Tak heran, sebab lantai marmer menawarkan beragam keunggulan tertentu, seperti tampilannya yang terlihat elegan sehingga cocok untuk penyuka gaya rumah mewah.

Namun, di balik segala kelebihan yang dimiliki marmer, bahan ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipahami. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai marmer, Anda bisa mempertimbangkan apakah material ini cocok digunakan di rumah.

Jadi, apa saja kelebihan dan kekurangan lantai marmer? Dirangkum dari The Spruce dan Inova Stones UK, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Ubin untuk Rumah, Dijamin Menawan!

Kelebihan Lantai Marmer

Tampilannya elegan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lantai marmer terkenal dengan tampilannya yang elegan dan halus. Selain itu, marmer juga hadir dalam berbagai warna yang ampuh membuat rumah makin mewah dalam sekejap.

Berasal dari alam

Marmer termasuk material yang berasal dari alam, dengan ciri khas berupa motif garis-garis bergelombang. Karena alami, tidak ada marmer dengan desain yang sama persis sehingga lantai marmer Anda akan terlihat unik dan spesial.

Fleksibel

Pada dasarnya, lantai marmer bisa digunakan di bagian mana saja di rumah. Anda bisa menggunakan lantai marmer di seluruh area rumah, atau fokus pada area tertentu seperti kamar mandi, dapur, atau kamar tidur sekalipun.

Mudah dipasang

Lantai marmer memiliki teknik pemasangan yang hampir sama dengan lantai keramik. Oleh karena itu, pemasangan lantai ini tergolong cukup mudah, apalagi jika dipasang oleh profesional yang sudah ahli.

Baca Juga: Kenali Kelebihan dan Kekurangan Meja Dapur Marmer, Hadirkan Kesan Mewah!

Kekurangan Lantai Marmer

Butuh perawatan teliti

Perawatan lantai marmer tergolong cukup teliti. Selain perlu menggunakan alat kebersihan yang lembut, produk kebersihan yang digunakan juga tak boleh mengandung bahan kimia keras karena bisa merusak permukaannya.

Harganya cenderung mahal

Dibandingkan dengan material lainnya, marmer termasuk material bangunan yang cukup mahal. Oleh karena itu, sebelum menggunakan marmer sebagai bahan lantai, pertimbangkan dulu anggaran yang dimiliki supaya pengeluarannya tidak terlalu membengkak.

Baca Juga: Ini 4 Tips Merawat Lantai Marmer, Tidak Sulit Kok!

Mudah menyerap cairan

Marmer adalah bahan yang berpori, sehingga mudah menyerap cairan yang berada di atasnya dan mengubah warna dan tampilan marmer tersebut. Jadi, pastikan Anda cepat-cepat mengelap berbagai cairan yang tumpah ke atas lantai marmer, seperti air, minuman, saus, hingga alat kebersihan.

Mudah tergores

Selain mudah menyerap cairan, marmer juga sangat mudah tergores dan retak karena termasuk batu alam yang lunak. Supaya lantai marmer tetap terjaga tampilannya, hindari menggunakan benda tajam langsung di atas lantai dan hindarkan lantai dari gesekan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan lantai marmer yang perlu diketahui. Bagaimana, mantap menggunakan marmer sebagai bahan lantai rumah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News