Santai

Tak Hanya Minum Air Putih, Ini Tips agar Tetap Terhidrasi saat Musim Panas!

Tak Hanya Minum Air Putih, Ini Tips agar Tetap Terhidrasi saat Musim Panas!

MOMSMONEY.ID - Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi penuh merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, terutama saat musim panas.

Walaupun hampir 60% tubuh manusia terdiri dari air, pada musim panas biasanya tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan melalui keringat.

Lalu bagaimana cara agar tetap bisa terhidrasi saat musim panas? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dipraktikkan agar terhindar dari risiko dehidrasi.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Breakout dan Purging pada Kulit! Cari Tahu Yuk!

Rajin minum air

Cara utama yang paling ampuh agar tubuh tetap terhidrasi selama musim panas adalah dengan rajin minum air. Minumlah air sepanjang hari dan jangan menunggu untuk merasa haus.

Cara tersebut adalah cara untuk mencegah timbulnya dehidrasi dan kelelahan karena cuaca panas. Tingkat dehidrasi pun juga bisa dilihat dari warna urin. Semakin bersih maka semakin terhidrasi tubuh.

Jauhi alkohol

Alkohol dingin mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk melepas dahaga di musim panas. Melansir dari laman Health Line, alkohol ternyata memiliki sifat yang bisa menimbulkan dehidrasi.

Sebaiknya, jika ingin mengkonsumsi bir atau alkohol, pilihlah dengan kadar alkohol rendah atau tanpa alkohol sama sekali. Kandungan sodium pada minuman tersebut bisa bersifat sebagai elektrolit bagi tubuh.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini 5 Jenis Deodorant yang Sering Digunakan!

Konsumsi makanan tinggi air

Untuk memberikan hidrasi pada tubuh tak hanya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi minuman saja. Cara lain juga dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan dengan tinggi kandungan air.

Cobalah untuk menambahkan makanan sehat seperti sayuran yang mengandung banyak kandungan air dalam makanan selama musim panas. Selain enak dan sehat, makanan tersebut juga bisa membantu untuk meningkatkan kadar air dalam tubuh.

Minum air di pagi hari

Laman Byrdie menyarakan agar sebaiknya mengkonsumsi air hangat atau sesuai dengan temperatur ruangan agar bisa terhindar dari dehidrasi.

Hal tersebut disebabkan karena tubuh akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap air dingin dibanding dengan air hangat. Waktu pagi hari juga merupakan waktu yang tepat untuk menghidrasi tubuh setelah semalaman tidak mendapatkan hidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News