Santai

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Breakout dan Purging pada Kulit! Cari Tahu Yuk!

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Breakout dan Purging pada Kulit! Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Saat menggunakan skincare baru, biasanya akan ada kondisi yang membuat kulit menjadi bereaksi. Salah satu bentuk reaksinya adalah dengan muncul jerawat yang bisa jadi tanda purging atau breakout.

Keduanya merupakan kondisi kulit yang berbeda, namun kerap disalah artikan karena tanda-tandanya yang sama. Perlu diketahui juga bahwa penanganan masalah kulit ini juga berbeda.

Yuk, kenali perbedaan purging dan breakout berikut ini agar tidak salah dalam menanganinya.

Baca Juga: Pahami 4 Alasan Pentingnya Memiliki Kulit Lembab

Breakout

Breakout adalah suatu reaksi yang ditunjukkan oleh kulit ketika kulit tidak cocok dengan produk perawatan baru. Berganti-ganti produk perawatan kulit atau skin care bisa memicu untuk timbulnya breakout.

Tak hanya dari produk perawatan, breakout juga bisa muncul akibat stress, makanan, dan kurangnya kebersihan di area wajah. Laman Health Line menjelaskan bahwa breakout biasa terjadi dengan durasi yang lebih lama dari purging, yaitu sekitar 8 hingga 10 hari.

Ciri-ciri kulit yang mengalami breakout adalah munculnya jerawat di area baru yang biasanya tidak pernah muncul jerawat. Selain itu, jerawat breakout juga cenderung meninggalkan noda atau bekas yang susah untuk dihilangkan.

Untuk mengatasinya, perlu bagi Anda untuk menggunakan skin care yang cocok dengan kulit. Gunakan juga skin care berbahan gentle yang memiliki manfaat untuk mengembalikan skin barrier dan melembabkan.

Baca Juga: Bikin Awet Muda! Ini Daftar 4 Makanan Pencegah Penuaan Dini, Catat!

Purging

Berbeda dengan breakout, purging pada kulit hanya bersifat sementara. Sehingga kulit nantinya akan kembali ke kondisi semula setelah melewati masa purging.

Purging adalah kondisi dimana kulit secara alami membuang lapisan kulit mati dan menggantinya dengan kulit baru. Regenerasi kulit ini biasanya menimbulkan jerawat yang disebut dengan purging.

Melansir dari laman Bustle, purging akan muncul di area yang sering mengalami breakout atau munculnya jerawat baru. Jika ada jerawat yang muncul di area baru, maka dipastikan itu bukan purging.

Untuk mengatasi purging, Anda dapat tetap menggunakan produk skin care yang telah Anda gunakan. Bisa dipercepat dengan penggunaan retinol, AHA dan BHA, atau vitamin C. Kebersihan wajah juga tetap harus diperhatikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News