HOME, Santai

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ciuman Baik Buat Kesehatan! Ini Penjelasannya!

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ciuman Baik Buat Kesehatan! Ini Penjelasannya!

MOMSMONEY.ID - Berciuman merupakan aktivitas intim yang biasa dilakukan oleh pasangan kekasih. Aktivitas berciuman juga merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan kasih sayang.

Siapa sangka bahwa berciuman juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan seseorang.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari berciuman yang berguna bagi kesehatan.

Baca Juga: 4 Cara Cepat dan Ampuh Hamil Secara Alami

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berciuman ternyata juga bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Menurut salah satu penelitian di tahun 2014 yang dilansir dari laman Health Line, saliva yang bertukar dari aktivitas berciuman bisa mengekspos bakteri baru. Sehingga tubuh dapat membuat sistem imun menjadi lebih kuat karena melawan bakteri baru tersebut.

Membakar kalori

Berciuman juga efektif untuk membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. Dalam satu menitnya, kalori yang terbakar dari berciuman bisa mencapai 2-26 kalori. Jumlah tersebut tentunya dapat membantu tubuh untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh seperti melakukan olahraga.

Meningkatkan hormon kesenangan

Manfaat yang satu ini merupakan manfaat umum yang didapatkan dari aktivitas berciuman. Berciuman bisa meningkatkan trigger pada otak untuk melepaskan hormon kesenangan yaitu, oxytocin, dopamine, dan juga serotonin.

Baca Juga: 4 Manfaat Cuddle Yang Wajib Diketahui Bagi Kesehatan! Simak, Yuk!

Meredakan stress

Munculnya stress dan kecemasan bisa disebabkan karena tingginya kortisol dalam tubuh. Berciuman ternyata juga bisa membantu untuk menurunkan tingginya kadar kortisol dan meredakan stress. Oxytocin adalah hormone yang akan dilepaskan ketika sedang bericuman dan membantu meredakan kecemasan serta meningkatkan rasa rileks.

Mengencangkan otot wajah

Melansir dari laman Mind Body Green, aktivitas berciuman bisa membantu mengaktifkan sebanyak 24 otot wajah dan 112 otot postur tubuh. Cara tersebut tentunya bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menggerakkan otot wajah sehingga bisa membuatnya menjadi lebih kencang.

Meningkatkan ikatan dengan pasangan

Bonding atau ikatan antar pasangan kekasih atau suami istri bisa menjadi lebih kuat melalui aktivitas berciuman. Berciuman bisa membantu melepaskan hormon oxytocin yang membuat diri menjadi merasa dicintai, memiliki bonding, dan menjadi lebih terikat dengan satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News