HOME, Santai

Tak Banyak yang Tahu, Air Mata Miliki 3 Jenis Loh! Simak Penjelasannya Ini!

Tak Banyak yang Tahu, Air Mata Miliki 3 Jenis Loh! Simak Penjelasannya Ini!

MOMSMONEY.ID - Air mata kerap muncul jika seseorang merasakan emosi berlebih. Tak banyak yang tahu bahwa air mata memiliki kandungan yang sama dengan air liur. 

Tidak hanya terbuat dari air, air mata juga mengandung garam, minyak, glukosa, sodium dan lebih dari 1500 protein sebagaimana yang dilansir dari laman Medicine Net.

Baca Juga: Ternyata Menangis Baik bagi Kesehatan, Loh! Cari Tahu Manfaatnya Yuk!

Air mata memiliki fungsi untuk membersihkan, melindungi, dan juga digunakan sebagai pelumas mata. Air mata ternyata juga memiliki kandungan anti bakteri yang membantu mata untuk tetap sehat.

Di samping itu, air mata juga memiliki beberapa jenis berbeda tergantung fungsinya. Berikut ini adalah tiga jenis air mata beserta fungsinya.

Air mata basal

Air mata basal adalah jenis air mata yang fungsinya digunakan sebagai pelumas mata agar tetap membuatnya basah dan tidak kering. Tanpa disadari tubuh akan memproduksi air mata basal untuk melindungi dan membersihkan kornea mata.

Ketika mata dalam kondisi kering, terkena angin, atau saat terasa perih karena terlalu lama di depan laptop, maka mata akan memproduksi air mata sebagai perlindungan. Air mata tersebutlah yang disebut dengan air mata basal.

Baca Juga: Inilah Penyebab Skizofrenia yang Perlu Anda Ketahui

Air mata reflex

Melansir dari laman Cleveland Eye Clinic, tubuh menghasilkan air mata ini sebagai reflex dari sebuah stimulus di mata. Biasanya air mata reflex ini terjadi karena adanya faktor eksternal yang melukai mata.

Seperti pada saat mata terkena cairan parfum, iritasi, saat memotong bawang, ataupun saat memakan makanan pedas, mata akan memproduksi air mata untuk melindungi dan membersihkannya dari cairan yang berbahaya bagi mata.

Dalam hal jumlah, jumlah air mata yang dikeluarkan air mata jenis reflex ini jumlahnya lebih banyak daripada air mata jenis basal.

Air mata emosional

Yang terakhir adalah air mata yang memiliki jenis emosional. Seperti namanya, air mata ini tentu saja berasal dari perasaan dan emosi seseorang yang membuatnya menangis.

Air mata emosional ini berbeda dengan kedua jenis air mata lainnya. Dimana air mata jenis ini bisa diatur kapan harus berhenti dan dimulainya secara personal, tergantung dari emosi yang dirasakan oleh orang tersebut.

Air mata ini pun juga bisa membantu tubuh untuk memproduksi “feel good hormone” atau hormone yang membantu perasaan menjadi lebih baik dan tenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News