HOME, Santai

Ternyata Menangis Baik bagi Kesehatan, Loh! Cari Tahu Manfaatnya Yuk!

Ternyata Menangis Baik bagi Kesehatan, Loh! Cari Tahu Manfaatnya Yuk!

MOMSMONEY.ID - Manusia pasti pernah merasakan emosi berlebih yang membuatnya menangis. Menangis merupakan sebuah respon alami tubuh untuk mengekspresikan emosi kesedihan atau kebahagiaan.

Tubuh manusia sendiri secara alami menghasilkan tiga jenis air mata. Yaitu air mata yang keluar karena reflex, dan air mata yang keluar dikarenakan emosi.

Melalui penelitian, secara ilmiah pun ternyata menangis memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat baik dari menangis.

Baca Juga: 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Orang Tua Saat Membantu Remaja Mengatasi Kecemasan

Membantu meredakan rasa sakit

Selain membantu memberikan rasa lega, menangis juga membantu tubuh untuk meredakan macam-macam rasa sakit. Laman Medical News Today menjelaskan bahwa dengan menangis maka hormon oxytocin dan endorphin akan dilepaskan oleh tubuh.

Kedua hormon tersebut merupakan hormon bahagia yang bisa membantu tubuh untuk meredakan rasa sakit baik secara fisik maupun psikis. Ditambah kedua hormon tersebut juga mampu membuat tubuh merasa lebih tenang.

Meredakan stress

Ketika seseorang menangis dan mengeluarkan air mata maka air mata tersebut dapat digunakan untuk meredakan stress. Air mata mengandung banyak cairan termasuk di dalamnya adalah hormon stress dan cairan lainnya.

Sehingga menangis dapat dikatakan membantu meredakan stress yang menumpuk di tubuh. Tentu saja hal tersebut dikarenakan menangis mampu mengurai jumlah cairan di tubuh termasuk hormon stress dan cairan tubuh lainnya.

Baca Juga: 4 Manfaat Gunakan Es Batu Untuk Perawatan Wajah, Apa Saja Ya?

Menenangkan jiwa

Menangis tentunya memiliki manfaat yang baik untuk menenangkan jiwa. Menurut penelitian yang dilansir dari laman Health Line, menangis bisa membantu untuk mengaktifkan Parasymphatetic Nervous System (PNS).

PNS ini berguna dalam membantu tubuh untuk lebih merasa rilex. Selain itu PNS juga membantu untuk mengistirahatkan tubuh dan membuatnya merasa lega. Biasanya manfaat ini akan didapatkan ketika seseorang menangis dalam waktu yang lama.

Mengembalikan keseimbangan emosi

Emosi kesedihan maupun kebahagiaan terkadang menjadi dominan yang kemudian menyebabkan seseorang meluapkan emosinya dengan menangis. Menangis ternyata bisa membantu tubuh untuk kembali menyeimbangkan emosinya yang sempat melonjak.

Di sisi lain menangis juga bisa membantu untuk memperbaiki mood yang disebabkan karena adanya keseimbangan emosi yang dihasilkan dari menangis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News