HOME, Keluarga

Susu Fermentasi (Kefir) Bisa Mencegah Anjing Peliharaan Sakit

Susu Fermentasi (Kefir) Bisa Mencegah Anjing Peliharaan Sakit

MOMSMONEY.ID - Hewan peliharaan terkadang mengalami masalah pencernaan yang tak bisa dihindarkan walau Anda sudah berhati-hati. Terutama hewan peliharaan anjing yang suka melahap apapun yang ditemuinya di pekarangan rumah.

Jika kemudian anjing Anda mengalami penyakit pencernaan, probiotik adalah cara alami dan sehat untuk mengobatinya. Probiotik alami ini dapat ditemukan dalam kandungan susu fermentasi (kefir).

Baca Juga: 5 Variety Show Korea Bertema Makanan

Dilansir dari journalofdairyscience.org, kefir adalah susu fermentasi tradisional yang mengandung lebih dari 50 spesies mikroorganisme, termasuk bakteri asam laktat, ragi, dan bakteri asam asetat. Kefir memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan sistem pencernaan.

Anjing juga direkomendasika meminum kefir sebagai bagian dari program dietnya. Anda tak perlu khawatir karena kefir aman untuk anjing.

Menurut penelitian berjudul “Modulation of the intestinal microbiota of dogs by kefir as a functional dairy product”, kefir tidak membahayakan kesehatan anjing dan tidak berbahaya bagi saluran pencernaan anjing. Konsumsi kefir oleh anjing juga tidak berisiko anemia, peradangan sistemik, atau gangguan koagulatif.

Baca Juga: Inilah pilihan gerakan senam untuk mengecilkan perut buncit

Penelitian ini juga melaporkan bahwa dua minggu pemberian kefir dapat berhasil memodulasi mikrobiota usus pada anjing dewasa yang sehat, tanpa mengakibatkan efek samping. Dengan ini, kefir dianggap sebagai suplemen makanan probiotik potensial untuk penyakit.

Konsumsi kefir secara signifikan dapat meningkatkan kelimpahan relatif bakteri asam laktat, menurunkan rasio Firmicutes: Bacteroidetes, dan meningkatkan rasio bakteri asam laktat: Enterobacteriaceae.  Temuan yang agak luar biasa adalah pengurangan kelimpahan relatif filum Fusobacteria, yakni bakteri anaerob yang menempati rongga mulut, usus, dan saluran genital perempuan.

Namun, Anda perlu memperhatikan konsumsi kefir untuk anjing tidak boleh berlebihan. Hanya boleh diberikan sesekali sebagai cemilan atau pendamping makanan utamanya.

Selanjutnya: Hati-Hati, Jamur Pada Kulit Kucing Bisa Menular Ke Manusia!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News