HOME, Keluarga

Supaya Anda dan Anak Saling Terikat Satu Sama Lain, Ini Cara Sederhananya

Supaya Anda dan Anak Saling Terikat Satu Sama Lain, Ini Cara Sederhananya

MOMSMONEY.ID - Membangun keterikatan yang kuat dengan anak sangatlah bermanfaat saat mereka tumbuh. Dengan rutin memberikan keamanan, kehangatan, dan rutinitas, anak pun akan cenderung merasa aman dan percaya diri saat mereka harus menjelajahi dunianya sendiri.

Selain itu, anak-anak dengan ikatan yang kuat dengan orang tua juga cenderung memiliki harga diri yang lebih tinggi, berprestasi lebih baik di sekolah, memiliki hubungan yang positif, dan mampu mengelola stres.

Melansir Child Development Institute, ada 4 cara sederhana yang bisa para orang tua terapkan untuk membantu membangun keterikatan dengan anak. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Skin Barrier Rusak? Cari Tahu di Sini!

1. Jadilah sosok yang dapat diandalkan

Anak Anda perlu melihat Anda sebagai tempat yang aman. Jadi, berikanlah kenyamanan setiap kali mereka sakit, terluka atau kesal. Tunjukkanlah diri Anda secara fisik sesering mungkin di hadapan anak.

Ketika anak Anda sudah merasa aman berkat kehadiran Anda, mereka pun dapat menjelajahi dunianya sendiri dengan tetap menjadikan Anda sebagai tempat untuk kembali saat mereka membutuhkan keamanan dan kenyamanan. Selalu ingat untuk mendorong anak Anda mencoba hal-hal baru dengan menunjukkan bahwa Anda percaya jika mereka dapat melakukannya sendiri. Kendati begitu, tetaplah berada di dekatnya jika anak memerlukan kenyamanan dari Anda.

2. Bersikap penuh perhatian

Sering-seringlah untuk berinteraksi dengan anak Anda secara pribadi. Temukan aktivitas yang dapat Anda nikmati berdua bersama anak seperti bermain game atau sekadar berbicara dan mendengarkan minat anak.

Arahkan percakapan untuk menemukan apa yang sedang anak Anda butuhkan. Sebaliknya, jangan memaksakan jenis interaksi tertentu berdasarkan kebutuhan Anda. Tak harus memakan banyak waktu, lakukan kegiatan semacam ini sesering mungkin untuk menunjukkan kasih sayang dan perhatian penuh dari Anda yang penting bagi anak.

Jangan lupa untuk memberikan kehangatan, sentuhan, senyuman, serta mempertahankan kontak mata saat berinteraksi dengan anak guna membantu membangun keterikatan antara Anda dan anak selama interaksi.

3. Tetapkan rutinitas

Anak-anak membutuhkan rutinitas untuk bisa merasa aman. Dengan memiliki rutinitas yang tetap untuk makan, tidur, atau beraktivitas lainnya, itu akan membantu anak Anda untuk membangun disiplin diri dan keamanan.

Saat anak Anda tahu apa yang harus mereka lakukan, maka akan sangat mungkin bagi anak untuk melanjutkan langkah berikutnya sekaligus mereka akan terdorong untuk menjadi individu yang mandiri.

4. Tetap memahami anak meski sedang berpisah

Sekali pun Anda dan anak sedang berpisah sementara, itu tidak akan memengaruhi keterikatan Anda dengan mereka. Dan, meskipun anak dapat membuat ikatan dengan orang lain selain Anda, namun kemungkinan perasaan tidak aman akan tetap muncul dalam diri mereka.

Sebelum Anda meninggalkan anak Anda dan menitipkannya kepada orang lain, cobalah untuk membuat rutinitas perpisahan terlebih dahulu. Cara ini terbilang cukup efektif untuk membantu anak Anda merasa aman saat perpisahan tiba.

Anda bisa menujukkan kepada anak berbagai kebiasaan positif yang mungkin akan mereka tiru dan lakukan selama berjauhan dengan Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk meningkatkan jumlah waktu pergi Anda secara perlahan untuk membiarkan anak terbiasa menghabiskan waktunya jauh dari Anda. Dengan begini, anak Anda akan merasa nyaman dan aman saat berada di lingkungan yang tidak ada Anda di dalamnya misal sekolah atau komunitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News