HOME, Keluarga

Supaya Anak Merasa Dicintai, Terapkan 5 Hal Ini dalam Keseharian Anda

Supaya Anak Merasa Dicintai, Terapkan 5 Hal Ini dalam Keseharian Anda

MOMSMONEY.ID - Anak-anak Anda tentu membutuhkan cinta, waktu, dan perhatian Anda yang tak terbagi. Sebagai orang tua, Anda lah orang yang paling berpengaruh untuk membantu anak merasa aman sekaligus membangun kepercayaan diri mereka.

Meskipun sibuk, pastikan Anda selalu menyempatkan waktu untuk menunjukkan kepada anak bahwa Anda peduli kepada mereka.

Alih-alih mengabaikan dan menurunkan kepercayaan diri anak, alangkah baiknya Anda mulai membiasakan diri untuk menerapkan 5 hal di bawah ini supaya anak selalu merasa dihujani cinta setiap harinya.

Baca Juga: Tertarik Ingin Menanam Tomat di Rumah? Ini Langkah-Langkah Menanamnya

1. Jadilah orang tua yang penuh perhatian

Ketika anak berbicara kepada Anda, dengarkanlah mereka secara aktif. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan mereka dengan cara mempertahankan kontak mata dan menghentikan apapun yang sedang Anda lakukan saat itu juga.

Bagikan antusiasme Anda tentang apa yang sedang mereka diskusikan meskipun topik pembicaraan mereka terkesan sepele, contohnya serangga atau film yang sudah mereka tonton berkali-kali.

Jika tidak dapat menghentikan apa yang sedang Anda kerjakan, beri tahu anak dan pastikan untuk menindaklanjuti percakapan di kemudian hari ketika Anda sedang tidak sibuk.

2. Tunjukkan kasih sayang

Memberikan anak pelukan dan kecupan di pipi sangat disarankan untuk Anda lakukan secara rutin. Pasalnya, kontak fisik akan membantu memperkuat ikatan antara Anda dengan anak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kehangatan yang diberikan orang tua kepada ana-anak mereka akan menciptakan penghargaan diri yang lebih tinggi, komunikasi orang tua-anak yang lebih baik, dan mengurangi permasalahan psikologis pada diri anak.

3. Berikan pujian yang tulus

Ketika memuji anak Anda, kualitas jauh lebih penting daripada kuantitas. Biarkanlah anak Anda tahu bahwa Anda bangga padanya karena telah berusaha terlepas dari apapun hasilnya.

Kuncinya, jangan puji anak untuk semua yang mereka lakukan. Tetapi, pujilah anak ketika mereka telah melakukan sesuatu yang tidak biasa atau telah bekerja begitu keras untuk mencapai suatu tujuan.

4. Meminta bantuan

Mintalah bantuan kepada anak Anda untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu yang sekiranya bisa mereka lakukan.

Setelah itu, berikan mereka kesempatan untuk mengajarkan Anda cara melakukan sesuatu. Dengan begini, anak akan merasa bahwa kehadiran mereka sangat penting bagi Anda.

Anda bisa meminta anak untuk mengatur meja makan, membuang sampah, atau mengajak hewan peliharaan jalan-jalan.

Beritahukan kepada anak bahwa Anda menghargai peran mereka dalam menjaga ketertiban rumah.

Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih kepada anak setelah mereka menunjukkan kepada Anda cara menggunakan atau melakukan sesuatu.

5. Makan bersama keluarga

Penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat fisik, mental, dan emosional dari kegiatan makan keluarga yang dilakukan secara teratur. Makan malam bersama bisa Anda jadikan sebagai kesempatan yang bagus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Untuk meminimalkan gangguan, buatlah aturan yang menuntut para anggota keluarga supaya tidak bermain gadget selama kegiatan makan bersama masih berlangsung.

Dengan menyingkirkan gangguan, anak-anak akan merasa diri mereka penting dan dihargai jika orang tua menunjukkan minat yang tulus tatkala anak bertanya atau sekadar bercerita tentang hari-harinya.

Itulah 5 hal yang patut Anda praktikkan untuk membuat anak merasa dicintai. Ketika Anda selalu berusaha membuat anak-anak Anda merasa dicintai dan dihargai, itu akan membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang bahagia dan bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, hargailah waktu Anda bersama mereka dan ciptakan kenangan indah yang akan selalu terngiang hingga bertahun-tahun mendatang.

Selanjutnya: 5 Cara untuk Membantu Anak Anda Menjadi Sosok yang Lebih Mandiri

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News