Keluarga

Suka Olahraga? Ini 5 Tips Anti Jerawatan Setelah Berolahraga

Suka Olahraga? Ini 5 Tips Anti Jerawatan Setelah Berolahraga

MOMSMONEY.ID - Olahraga memang sangat bermanfaat karena dapat membakar kalori, membuat mental dan fisik bugar, meningkatkan sirkulasi darah, serta memperbaiki tekstur kulit.

Di sisi lain, keringat dan minyak berlebih yang dihasilkan setelah berolahraga rentan mendatangkan jerawat pada kulit wajah.

Namun, Moms tak perlu khawatir. Berikut MomsMoney bagikan 5 tips untuk mencegah jerawat setelah berolahraga sebagaimana dilansir dari IMBB.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Minum yang Bisa Bikin Kulit Awet Muda, Yuk Terapkan!

1. Hindari penggunaan makeup

Beberapa orang menginginkan penampilan yang paripurna ketika mereka berolahraga. Demi mewujudkannya, orang-orang tersebut pun rela meluangkan waktu untuk ber-makeup terlebih dahulu sebelum memulai olahraga.

Faktanya, makeup sangat tidak disarankan untuk dipakai ketika hendak berolahraga karena dapat meningkatkan kemungkinan jerawat untuk tumbuh. Produksi keringat berlebih selama olahraga dapat menjebak bakteri serta tidak memungkinkan bagi kulit untuk bernapas. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan jerawat pun menjadi lebih rentan menyerang.

Jadi, hindarilah penggunaan makeup atau bersihkan sisa makeup yang masih menempel pada wajah sebelum memulai olahraga.

2. Mandi setelah berolahraga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keringat berlebih dan produksi sebum selama olahraga dapat menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan bakteri.

Maka dari itu, setelah olahraga jangan lupa untuk mengeringkan tubuh dan segera mandi. Selalu ingat juga untuk berganti pakaian baru usai mandi.

3. Gunakan tisu basah antibakteri

Keringat dan kelembaban dapat dengan mudah berpindah ke gadget yang mana gadget merupakan tempat paling nyaman bagi kuman dan bakteri penghasil jerawat untuk berkembang biak.

Nah, jika Anda ingin bermain gadget setelah berolahraga, selalu ingat untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan tisu basah antibakteri. Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit wajah menjadi berjerawat.

Tak hanya dilakukan usai berolahraga, pastikan untuk melakukan kebiasaan baik ini secara teratur guna meminimalkan kemunculan jerawat.

4. Jangan terlalu sering menyentuh wajah saat berolahraga

Jangan terlalu sering menyentuh wajah kapan pun dan di mana pun termasuk saat berolahraga. Pasalnya, kuman dan bakteri dapat mencapai wajah dengan mudah melalui tangan.

Oleh sebab itu, berusahalah untuk tidak menyentuh wajah terutama ketika wajah Anda sedang dibanjiri keringat atau kulit Anda bertipe acne-prone.

5.  Bersihkan peralatan olahraga sebelum digunakan

Peralatan olahraga seperti leg curl machine mengharuskan penggunanya untuk menyentuhkan wajahnya ke bagian permukaan alat.

Jika alat semacam itu tidak dibersihkan terlebih dahulu, maka jangan heran jika kulit wajah Anda akan dihinggapi jerawat dalam sekejap.

Tak hanya leg curl machine, pastikan Moms membersihkan secara teratur alat olahraga lainnya yang biasa Anda pakai guna mencegah timbulnya jerawat.

Moms, itulah 5 tips yang bisa dipraktikkan untuk mencegah jerawat setelah berolahraga. Selain kelima poin di atas, selalu ingat juga untuk menguncir atau menyanggul rambut Anda sebelum berolahraga ya. Hal ini dilakukan untuk mencegah iritasi dan jerawat akibat penumpukan produk rambut dan minyak rambut yang menempel pada wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News